Tak Banyak Disadari, Inilah Bahaya Duduk Lebih dari 6 Jam per Hari !

    https://manfaat.co


Terlalu lama duduk bukanlah hal yang dapat dipungkiri. Tanpa disadari banyak orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk. Misalkan, penjahit, pekerja kantoran, dan lain-lain. Banyak orang yang tidak berpikir mengenai resiko duduk terlalu lama. Dikutip dari IDNTimes, beberapa penilitian juga telah memberikan peringatan mengenai hal tersebut, pasalnya duduk terlalu lama ternyata tidak baik untuk kesehatan. Wah, harus hati-hati nih. Jika tidak, maka kamu akan mengalami hal ini :

1. Mood bahagia yang menurun


     https://manfaat.co


 Banyak penelitian atau studi yang menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara gaya hidup yang kurang gerak dengan kesehatan mental. Hal ini mengakibatkan seseorang memiliki kesejahteraan mental yang rendah.

2.  Terganggunya postur tubuh


    https://hellosehat.com


Mungkin tidak akan terasa bahwa duduk lebih dari 6 jam per hari dapat menimbulkan dampak buruk yang signifikan bagi postur tubuh. Terlalu lama duduk didepan komputer akan mengakibatkan sakit pada  bagian leher dan bahu yang dapat memicu gangguan permanen. Lebih parahhnya lagi, hal ini juga berpengaruh buruk bagi kesehatan tulang dan sendi.  Akibatnya, fungsi keduanya pun akan terganggu dan fleksibilitasnya akan menurun, sehingga kamu tidak bisa beraktivitas normal seperti biasa.

BACA JUGA: Ini Bahayanya Simpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

3. Degenerasi otot pada bagian tertentu


     http://m.viva.co.id


Terlalu lama duduk, tentu ada otot dibagian tubuh yang melebah karena jarang digerakkan. Sehingga, kekuatan otot akan berbeda jauh dengan otot yang sering digunakan.

4. Rasa lelah berlebihan


    http://m.infospesial.net


Jika kita duduk lebih dari 6 jam, sudah pasti kita termasuk orang yang jarang bergerak. Dampaknya, mudah merasa lelah yang berlebihan karena gerak tubuh yang monoton. Sehingga, tubuh kita akan mudah terserang penyakit.

BACA JUGA : Menurutmu, Lebih Baik Mana Antara Sikat Gigi Manual Atau Sikat Gigi Eletrik?

5. Serangan jantung


     http://gejalasakitjantung.com/


Terlalu lama duduk akan menghambat kerja metabolisme untuk pembakaran lemak. Akibatnya lemak menumpuk di bagian otot dan pembuluh darah, sehingga bisa memicu terserangnya penyakit jantung.

6. Kanker



Kondisi tubuh yang jarang digerakkan dapat menurunkan produksi insulin dan zat antioksidan dalam tubuh. Hal tersebut dapat memicu pertumbuan sel tak normal yang lebih cepat, yaitu sel kanker.
Cara mencegahnya yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat dan aktif bergerak.

Kesimpulan: Memang banyak yang tidak sadar bahwa duduk lebih dari 6 jam per hari dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh dan berkepanjangan dimasa depan. Oleh karena itu, buktikan bahwa kamu peduli dengan kesehatan diri, untuk kamu dan keluarga sekitarmu. Lakukan gaya hidup yang sehat dan aktif bergerak ya !






Top