Tahukan Anda Bentuk Kesaksian Anggota Badan di Hari Kiamat?


pixabay.com

Allah swt berfirman,

حَتَّىٰ إِذَا مَا جَاءُوهَا شَهِدَ عَلَيْهِمْ سَمْعُهُمْ وَأَبْصَارُهُمْ وَجُلُودُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.Fussilat:41)

(1) Apakah yang dimaksud bersaksinya anggota tubuh itu adalah Allah memberi kemampuan kepada pendengaran dan penglihatan serta kulit-kulit kita untuk berbicara?

(2) Atau bekas dari dosa itu akan tampak pada anggota tubuh mereka karena sering terulang dan tercetak sepanjang hidupnya? Seperti sebuah pepatah yang mengatakan,

“Sungguh raut wajah seseorang menceritakan apa yang ia sembunyikan.”

(3) Atau kejadiannya seperti sebuah pohon yang Allah beri kemampuan mengeluarkan suara hingga terdengar oleh Nabi Musa as?

Baca Juga: "Surga nyata itu di dunia, bukan di dongeng setelah kematian" Astagfirullah

Mengutip khazanahalquran.com, sebenarnya tiga kemungkinan ini sama-sama bisa diterima oleh akal.

(1) Tidak ada yang bisa menghalangi Allah untuk memberikan kemampuan berbicara pada anggota tubuh manusia. Kemudian anggota tubuh itu bersaksi dihadapan-Nya. Bukankah dalam ayat lain dijelaskam bahwa segala sesuatu yang ada di alam ini selalu bertasbih kepada Allah?

(2) Kemungkinan kedua juga tidak dapat disalahkan. Kita semua tau bahwa segala sesuatu di alam ini tidak akan sirna dengan kematian.

Kematian hanyalah pintu untuk berpindah ke alam selanjutnya. Dan seluruh perbuatan yang kita lakukan di dunia membekas pada anggota badan kita. Lalu secara alami anggota tubuh itu menampakkan bukti-bukti kekotoran yang dilakukan pemiliknya selama ini. Inilah yang disebut kesaksian yang pasti dan tak ada yang mampu berlari darinya.

(3) Kemungkinan ketiga juga masuk akal. Dengan mudah Allah akan menciptakan suara agar setiap anggota itu bersaksi atas perbuatan pemiliknya.

Lalu siap-kah anggota tubuh kita bersaksi dihadapan-Nya? Kira-kira apa yang akan disampaikan oleh mata, tangan dan telinga kita? Apakah kita akan tersenyum bangga? Atau tertunduk malu dihadapan semua mata?

Hanya anda yang tahu jawabannya!
Top