Tahukah Anda Manfaat dan Efek Samping Ketika Meminum Air Hangat Bagi Kesehatan?


Pasti kita sudah mengetahui banyak hal mengenai air putih. Air putih adalah minuman yang sangat penting untuk mengatasi masalah kesehatan. Selain air putih pasti kamu juga tau tentang air hangat kan. Air hangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak diketahui oleh bayak orang.

Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa.

Manfaat minum air hangat sendiri cukup banyak dan cukup bagi kesehatan tubuh. Setiap orang pasti membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari.

Sangat mudah memang untuk mendapatkan air putih yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa lagi air hangat yang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Meminum air hangat jika untuk dikonsumsi sebaiknya minum di pagi dan malam hari. Pada saat ingin tidur dan bangun tidur kamu juga bisa mengonsumsi air hangat itu secara rutin.

BACA JUGA: Efek Buruk Terlalu Sering Menggunakan Earphone Atau Headset, Ternyata Bahaya

Jika kamu masih belum tau  tentang manfaat air hangat atau air panas, berikut penjelasannya.
Manfaat air hangat sendiri yaitu:

1. Dapat menurunkan berat badan

Minum air hangat untuk menurunkan berat badan dapat dioptimalkan, caranya yaitu air hangat dicampurkan dengan perasan lemon segar. Daripada berat badanmu bertambah, lebih baik banyak-banyak mengonsumsi air hangat secara rutin dan manfaat air hangat sendiri, amat baik untuk melindungi metabolisme yang sehat bagi siapa saja yang mau menurunkan berat badan.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang dapat membantu untuk menghindari gangguan pencernaan. Hal semacam ini bisa bikin deposit lemak pada dinding dalam usus yang menjadi peluang buruk yang bisa mengakibatkan kanker usus. Jadi air hangat sangat berguna untuk melancarkan pencernaan.

3. Bisa Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah dimana pori-pori pada kulit tersumbat sehingga menyebabkan benjolan yang timbul pada wajah. Pasti semua orang sudah pernah mengalami tumbuhnya jerawat pada wajah yang menimbulkan dampat tidak percaya diri.

4. Meringankan nyeri perut akibat haid

Tanda-tanda akan datangnya menstruasi (haid) pasti menimbulkan kram atau nyeri pada perut. Karena itu disarankan minum air hangat yang dapat membantu mengurangi kram pada saat menstruasi yang berdampak menenangkan otot-otot perut yang akhirnya bisa membantu untuk mengobati kram serta kejang.

5. Menghambat penuaan secara dini

Air hangat akan mengeluarkan racun dari tubuh, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Banyak orang yang memiliki umur yang terbilang masih muda, namun wajahnya sudah nampak akan kerutan yang ada. Sehingga membuat tubuh tampak lebih tua dan hal ini tentunya sangat menganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Minum air hangat juga bisa membantu buat melakukan perbaikan beberapa sel kulit yang di pengaruhi oleh radikal bebas beresiko hingga tingkatkan elastisitas kulit pada wajah.

6. Mengangkat sel kulit mati

Cara terbaik untuk menggeluarkan keringat adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa membantu untuk menggeluarkan keringat. Tetapi lebih baik kamu berolahraga, dibandingkan hanya sekedar meminum air hangat.

BACA JUGA: Hati-Hati! Ternyata Nyamuk Suka Menggigit Wanita Hamil, Lakukan Tips ini Agar Terhindar Dari Gigitan Nyamuk!

7. Menghilangkan rasa ngantuk

Untuk mengatasi rasa ngantuk, yang terkadang juga menimpa orang-orang yang tidur cukup, maka dengan minum air hangat yang nantinya membuat badan berkeringat. Kelaurnya keringat menandakan peningkatan suhu badan yang akan memberikan pengaruh pada suasana hati dan membuat ngantuk bisa hilang.

8. Untuk menenangkan pikiran 

Sebaiknya jika pikiran anda sedang suntuk, ada baiknya kamu meminum air hangat. Dalam sebuah penelitian, bahwa air hangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Dengan mengambil  satu gelas air hangat di saat pagi hari serta minum dengan perlahan. Anda bakal rasakan satu ketenangan didalam pikiran.

Ternyata selain banyak manfaat minum air hangat, ada juga efek samping minum air hangat, yaitu:

  • Tidak menghilangkan haus
  • Dapat merusak organ jika air yang diminum terlalu panas
  • Minum air haangat dapat melelahkan lambung

Seringlah mengonsumsi air hangat pada  kegiatanmu sehari-hari karena manfaatnya yang luar biasa untuk dikonsumsi.
Top