Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 05 May 2017
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Berwudhu merupakan hal yang wajib dilakukan ketika kita hendak melakukan shalat, mengaji atau  ibadah yang lain, wudhu pun wajib untuk mengikuti tuntunan dari Al Qur’an dan hadits-hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dalam mengerjakannya. Maka tidak boleh kita melakukan ibadah hanya dengan dasar pendapat seseorang, opini seseorang atau logika semata. Lebih lagi jika tidak memiliki dasar sama sekali alias asal-asalan. Dikutip dari: Muslim.

Tapi apakah kalian menyadari hal sepele yang bisa membatalkan wudhumu? Apa sajakah itu? simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Masuk Surga Terhalang dan Amal Kebaikan Berkurang Ancaman Bagi Orang-orang yang Sengaja Lalai 

1.Tidak Membaca Bismillah
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini
Para ulama berbeda pendapat apakah basmalah atau mengucapkan “bismillah” hukumnya wajib ataukah sunnah. ٍSebagian ulama mewajibkan dengan dalil hadits: “tidak ada shalat bagi yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala” (HR. Ahmad dan Abu Daud, dihasankan oleh Al Albani dalam Irwaul Ghalil).

2.Doa Pada Saat Membasuh Anggota Wudhu
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Imam an-Nawawi berkata, “Doa-doa ini yakni doa-doa pada saat membasuh anggota wudhu tidak memiliki dasar. ” Dalam fatwa Lajnah Daimah no. 2588 dikatakan, “Tidak ada doa dari Nabi saw pada saat membasuh dan mengusap anggota wudhu dan doa yang disebutkan dalam hal ini adalah bikinan orang tidak berdasar, yang dikatahui secara syar’i adalah basmalah di awal wudhu, mengucap dua kalimat syahadat di akhir wudhu ditambah dengan,

                                                                                                   اللَهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ المُتَطَهِّرِيْنَ .

“Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci.”

3.Meninggalkan Istinsyaq dan Istintsar
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Istinsyaq yaitu hirup air melalui hidung hingga ke pangkal hidung, serta Istintsar yaitu mengeluarkannya (air yang dihirup tadi) dari hidung. Beberapa golongan muslimin saat bewudhu cuma memasukan jarinya yang basah kedalam hidung. Dalil mengenai Istinsyaq serta istintsar yaitu hadits yang ada dalam Shahih al-Bukhari :

Dari Humran, (beliau menyifati wudhu Utsman radhiyallahu ‘anhu). Lalu ia memasukkan tangan kanannya di bejana, lantas ia berkumur, hirup air ke hidung serta mengeluarkannya, l/49.

Serta Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : ”Barangsiapa berwudhu, sebaiknya ia hirup air ke hidung (serta mengembuskannya kembali) ; serta barangsiapa yang lakukan istijmar (bersuci dari buang air besar dengan batu), sebaiknya mengerjakannya dengan ganjil (tak genap). ”

4. Tidak Sempurna Membasuh Anggota Wudhu
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Tidak sempurna dalam membasuh anggota wudhu dan mengakibatkan ada sebagian anggota wudhu yang tidak terbasuh oleh air. Imam al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan dalam kitab Shahihnya. Dari Muhammad bin Ziyad, dia berkata:

’Aku mendengar Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu -saat itu beliau melewati kami, dan orang-orang sedang berwudhu: ”Sempurnakanlah wudhu kalian, sesungguhnya Abul Qosim (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

”Celakalah tumit-tumit (yang tidak terbasuh air ketika berwudhu) dari api neraka.”
Dan dari Khalid bin Mi’dan dari sebagian istri-istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

”Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang laki-laki yang shalat sedangkan di punggung kakinya terdapat bagian mengkilap karena tidak terbasuh oleh air wudhu seukuran uang dirham (uang logam), maka Nabi menyuruhnya untuk mengulang wudhunya.” (HR. Imam Ahmad dan Abu Dawud menambahkan: dan (mengulang) shalat”). Al-Atsram berkata:

 “Aku bertanya kepada imam Ahmad: ’hadits ini sandanya jayyid (bagus)?’
Beliau menjawab: ’jayyid.’Imam asy-Syaukani rahimahullah berkata tentang hadits ini:

”Hadits ini menunjukkan wajibnya mengulang wudhu dari awal, bagi orang yang yang meninggalkan membasuh anggota wudhunya sekalipun sekecil apa yang disebutkan dalam hadits.”

“Barangsiapa yang menyempurnakan wudhu sebagaimana yang Allah perintahkan, maka shalat-shalat wajib (yang lima) adalah penghapus dosa (yang terjadi) di antaranya ”Tidak sempurna dalam membasuh anggota wudhu dan mengakibatkan ada sebagian anggota wudhu yang tidak terbasuh oleh air. Imam al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan dalam kitab Shahihnya.

5. Menganggap Mengusap Leher Dianjurkan
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Walau sebenarnya tak demikian, ia tak disarankan serta tak termasuk juga beribadah wudhu.

6. Membasuh Anggota Wudhu Lebih Dari Tiga Kali
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Ini adalah was-was dari setan, karena Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- tidak pernah menambah cucian dalam wudhu lebih dari tiga kali, sebagaimana yang tsabit dalam Shohih Al-Bukhary bahwa (Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- berwudhu tiga kali-tiga kali).

Maka yang wajib atas seorang muslim adalah membuang semua was-was dan keragu-raguan (yang muncul) setelah selesainya wudhu dan jangan dia menambah lebih dari tiga kali cucian untuk menolak was-was yang merupakan salah satu dari tipuan setan.

7. Menyebut Nama Allah d Dalam WC Atau Masuk ke Dalamnya Dengan Membawa Sesuatu yang Didalamnya Terdapat Dzikir Kepada Allah
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Ini yaitu hal yang makruh jadi sepantasnya untuk seorang muslim untuk menjauhinya. Dari Ibnu ‘Umar -radhiallahu ‘anhuma- beliau berkata :

“Ada seseorang lelaki yang berlalu sesaat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tengah kencing. Jadi orang itu juga mengatakan salam namun Nabi tak membalas salamnya”. (Kisah Muslim).

Hal semacam ini karena menjawab salam yaitu termasuk juga dzikir.

8. Beristinja (Mencuci Dubur) Setelah Buang Angin (Kentut)
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Tidak ada istinja ketika buang angin (kentut), istinja hanya pada buang air kecil dan buang air besar, maka tidak disyari’atkan bagi orang yang kentut untuk beristinja sebelum berwudhu sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang, karena dalil-dalil syari’at tidak ada yang menjelaskan akan istinja` dari kentut, yang ada hanyalah penjelasan bahwa kentut adalah hadats yang mengharuskan wudhu, dan segala puji hanya milik Allah atas kemudahan dari-Nya.

Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Tidak terdapat dalam Al-Kitab, tidak pula dalam sunnah Rasul-Nya adanya istinja dalam kentut, yang ada hanyalah wudhu”.(Al-Minzhar fi Bayan Al-Akhtha` Asy-Syai’ah karya Asy-Syaikh Saleh bin Abdil Aziz Alu Asy-Syaikh)

9. Boros Dalam Penggunaan Air
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Boros atau israf tidak dicintai Allah, termasuk dalam berwudhu, Nabi saw sendiri mencontohkan pengiritan dalam bersuci, beliau mandi dengan satu sha`, jika mandi dengan satu sha` berarti wudhu kurang dari itu. Di samping itu boros air termasuk melampui batas dalam bersuci yang dilarang. Dari Abdullah bin Mughaffal berkata, aku mendengar Rasulullah saw bersabda,

                                          إِنَّهُ سَيَكُوْنُ فِي هَذِهِ الأُمَةِ قَوْمٌ يَعْتَدُوْنَ فِي الطَّهُوْرِ وَالدُّعَاءِ .

“Akan ada orang-orang dari umat ini yang melampui batas dalam berwudhu dan berdoa.” (HR. Abu Dawud dengan sanad –menurut al-Arnauth- yang kuat).

10.Tertidur lalu tidak mengulang wudhu
Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Sebagian orang tertidur di masjid, kemudian apabila iqamat dikumandangkan dibangunkan oleh orang di sebelahnya lalu langsung bangkit shalat tanpa berwudhu lagi. Orang yang seperti ini wajib baginya untuk berwudhu, karena dia lelap dalam tidurnya. Adapun kalau dia sekedar mengantuk dan tidur ringan sehingga masih mengetahui siapa yang ada di sekitarnya, maka tidak wajib baginya untuk berwudhu lagi.

BACA JUGA: Jangan Katakan Siap, Jika Belum Punya Modal Ini Buat Jadi Suami

Itulah beberapa kesalahan yang kurang kita sadari, Semoga informasi ini dapat berguna dan juga bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung.
SHARE ARTIKEL