Siapa Bilang Mandi Malam Bikin Rematik, Inilah Manfaat Mandi Malam Malah Menjadi Pembuka Pintu Surga

Komentar


Mandi di pagi hari pasti jadi hal wajib dilakukan. Bukan hanya untuk menjaga kebersihan tubuh, tapi mandi pagi hari juga jadi satu kegiatan yang membuat pikiranmu segar dna mood lebih baik, bahkan mampu meningkatkan kreativitas. Tapi bagaimana dengan mandi malam hari?

Banyak orangtua pasti melarang, mereka bilang mandi malam hari bisa bikin rematik. Tapi penelitian justru menyatakan sebaliknya. Direktur behavioral sleep medicine di New York’s Montefiore Medical Center, Shelby Harris, mengatakan bahwa mandi malam hari bisa menurunkan suhu tubuh dan membuat tubuh cepat mengantuk.

Saat tubuh sudah tidak melakukan banyak aktivitas, menjelang sore hingga malam hari, tubuh akan mengalami penurunan suhu sebagai bentuk penyesuaian diri sistem sirkardian tubuh. Dengan kata lain, mempersiapkan tubuh untuk beristirahat atau tidur. Itulah mengapa, jika kamu mandi mendekati waktu tidur, akan membantu tubuh lebih cepat terlelap.

Waktu terbaik untuk mandi malam hari adalah 1,5 jam sebelum kamu pergi tidur. Saat itulah tubuh tidak terlalu dingin setelah mandi, namun juga tidak terlalu hangat.

Secara perlahan, tubuh akan menginstruksikan diri untuk istirahat. Tidak masalah kamu menggunakan air seperti apa untuk mandi, bisa hangat atau air dingin biasa untuk mandi, sesuai selera asal kamu nyaman.

Dalam kajian islam pun juga di bahas mengenai manfaat mandi di akhir sepertiga malam dengan dilanjutkan shalat tahajud yang memberikan banyak berkah bagi pelakunya.

HAI ORANG YANG BERSELIMUT (MUHAMMAD), BANGUNLAH (UNTUK SHOLAT) DI MALAM HARI, KECUALI SEDIKIT (DARIPADANYA), (YAITU) SEPERDUANYA ATAU KURANGILAH DARI SEPERDUA ITU SEDIKIT. ATAU LEBIH DARI SEPERDUA ITU. DAN BACALAH AL QUR’AN ITU DENGAN PERLAHAN-LAHAN.” (QS. Al Muzzamil:1-4)

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’alaa di atas telah memerintahkan dengan jelas kepada Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam yang tengah tidur untuk melakukan sholat malam atau sholat tahajud.
Dan perintah yang diberikan kepada Rasululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam tersebut bukanlah perintah yang dikhususkan hanya kepada beliau saja, melainkan juga kepada seluruh umat beliau.
"Sesungguhnya di surga itu ada sebuah ruangan yang mana bagian luarnya dapat dilihat dari dalamnya dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luarnya", lantas abu malik al-asy'ariy bertanya :

"untuk siapakah ruangan itu, wahai Rosululloh?" Beliau bersabda: "untuk orang yang baik pembicaraannya, yang memberikan makan dan sholat di malam hari ketika manusia sedang tidur."
(HR. Thabrani)

Penelitian yang sudah dijalankan di Universitas Kairo, Mesir menemukan Fakta Unik mengenai Waktu sepertiga Malam, Menurut Dr.Abdul Hamid Dayyat salah seorang dosen di Universitas Kairo, bahwa "gas O3 diudara sangat melimpah di waktu fajar, kemudian akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahari terbenam. Gas O3mempunyai pengaruh positif positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang atau malam”.

selain udaranya yang bisa menyehatkan tubuh karna kandungan gas O3 diudara yang sangat melimpah. Ada beberapa hasil penelitian, menyimpulkan sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin.

BACA JUGA:  Astagfirullah.. Inilah 10 Pekerjaan Yang Rasulullah Sebut HARAM Tapi Sering Dilakukan.. No 4 dan 8 Paling Banyak Dilakukan

MENURUT KEDOKTERAN :

1. mandi disepertiga malam merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif.
2. mandi disepertiga malam melancarkan metabolisme tubuh persyarafan menjadi lebih aktif
3. Mandi disepertiga malam meningkatkan sel darah putih dalam tubuh

Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda yang artinya, “Lazimkan dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang sholih sebelummu, mendekatkan diri kepada allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.”Semoga Bermanfaat.
Top