Sholat Tahajud Tak kan Lagi Berat Jika Kamu Melakukan 10 Hal Ini !

wahdah.or.id

Bagi orang Islam, sholat  tahajud merupakan ibadah sunah. Sholat tahajud memberikan banyak kemanfaatan dalam diri kita. Selain  dapat menenangkan jiwa, doa-doa yang kita panjatkan akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Sayangnya, banyak orang dari kita yang meremehkan dan menganggap sholat tahajud berat dilakukan. Saat sepertiga malam, kita lebih memilih tidur terlelap dan terbangun ketika sudah terang benderang.

Jika kita sudah berniat untuk sholat tahajud, tapi susah bangun, sama halnya dengan kita menginginkan kebahagiaan namun tak ada usaha. Kini, sholat tahajud atau sholat sepertiga malam tak kan lagi susah jika kamu lakukan tips berikut ini :

1. Berhenti begadang dan tidur sebelum jam 10 malam



Tubuh yang sudah lelah berativitas hingga larut malam akan membuat susah bangun pada dini hari. Jika kamu mengharapkan bisa bangun pukul 02.00 dini hari, biasakan tidur sebelum pukul 10 malam. Tidur lebih awal bukan hanya membuat badan segar, namun produktivitas otak akan lebih cemerlang dan menambah kekhusyukkan dalam beribadah. Sehingga, sholat tahajud pun tak menjadi andai-andai, namun juga dilakukan.

2. Menata kamar sebelum tidur


dreamers.id

Bangun dini hari kini bukanlah hal yang sulit dilakukan. Caranya adalah mengkondisikan dan menata kamar tidur agar terasa nyaman dan istirahat pun juga lebih berkualitas. Kamu bisa mulai melakukannya dengan membersihkan tempat tidur sebelum tidur, dan rutin mengganti sarung bantal dan sprei setiap akhir pekan. Nah, dengan cara itu tidurmu akan lebih nyaman, dan semangat untuk bangun di sepertiga malam.

BACA JUGA: Bahkan di Dalam Masjid Pun, Iblis Bisa Menyesatkan Kita dengan Sajadah!

3.  Jangan makan yang terlalu kenyang, apalagi makan malam


bintang.com

Perut yang kenyang akan menyebabkan perut terasa penuh dan malas untuk bergerak. Usahakan hentikan makan malam mu pada jam 18.00 dengan menu yang sesuai. Selain menjadikan lebih mudah bangun dipagi hari, cara ini juga dapat membuat metabolisme tubuh sedikit istirahat saat tidur.

4. Minum segelas air putih sebelum tidur



Air putih akan membat tubuhmu lebih segar  dengan asupan oksigen yang terkandung dalam air mineral. Selain membuat tidur lebih rileks, saat terbangun di tengah malam pun badan akan terasa bugar.

5. Tidur dengan posisi miring ke kanan


pojoksatu.id

Posisi tidur miring ke kanan merupakan salah satu ajaran nabi. Posisi ini bisa mengistirahatkan otak kirimu yang biasa digunakan untuk bergerak. Selain merasa rileks, juga bisa mengistirahatkan lambung dan jantung loh. Sehingga tak perlu lagi merasa lelah dan segera beranjak dari tempat tidur dengan segar.

BACA JUGA : Rahasia Mengatur Keuangan Agar Lebih Barokah Menurut Nabi Muhammad

6. Sempatkan tidur siang sejenak




Usahakan luangkan waktu 15 hingga 30 menit untuk tertidur, sehingga rasa letih tidak akan terasa di malam hari. Selain meningkapkan kemampuan belajar, dengan tidur siang juga akan meningkatkan respon otak dan memperbaiki kemampuan koordinasi. Dikutip dari hipwee, berdasarkan penelitian di Jepang menunjukkan bahwa tidur siang selama 15 menit dapat mengurangi ketegangan dan stress.

7. Siapkan sapu tangan dan air dalam mangkok di samping kamar tidur


hipwee.com

Hal ini  bisa kamu lakukan jika kamu merasa susah untuk membuka mata karena rasa ngantuk yang melanda. Dengan cara usapkan sapu tangan basah pada wajahmu. Dengan begitu, rasa kantukmu akan hilang dan lebih bugar untuk mengambil air wudhu.

8. Pasang alarm dan minta bantuan orang lain untuk membangunkanmu




Pasang alarm pun tak cukup untuk membangunkanmu, justru yang dilakukan adalah mematikan alarm dan kembali tidur. Kini, kamu bisa meminta bantuan orang-orang terdekat untuk membangunkanmu.  Misalkan orang tua atau mungkin minta bantuan pacar untuk meneleponmu.
Dengan begitu, kamu akan mengangkat telepon dan terpaksa bangun.

9. Menjaga pola tidur




Mendapatkan kemudahan untuk bisa terbangun pada tengah malam merupakan keberkahan tersendiri bagi umat muslim. Selain menyegarkan otak yang kaya oksigen, kita juga dapat memanjatkan doa yang insyaAllah dikabulkan. Jika kamu sudah bisa terbiasa bangun dan tidur dengan jam yang sama, maka tubuhmu akan membentuk siklus sirkadiran. Jadi tak perlu lagi merepotkan oarang lain untuk membangunkanmu. 

10. Niat yang kuat




Niat yang kuat adalah hal utama untuk melawan rasa kantuk dan malasmu ketika bangun tengah malam. Dengan niat yang baik dan semangat yang kuat akan membuatmu segera bangun dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat.


Kesimpulan: Sholat tahajud merupakan waktu istimewa untuk memanjatkan semua doa. Diiringi dengan niat yang kuat, maka insyaAllah kamu dapat melawan rasa kantuk dan mampu melakukannya. Semoga tips ini dapat membantumu untuk bisa melakukan sholat malam dan Allah mengabulkan semua doamu.

Top