Setelah Sahur Ngantuk? Coba Lakukan 7 Hal ini, Dijamin Kamu Lebih Seger

Komentar


Ehm... makan sahur ya. Jangankan tidur setelah makan sahur. Mau bangun aja susahnya minta ampun. Siapa yang gini? Memang itu harus dipaksain.

Ingat makan sahur saja sudah dapat pahala sunnah lho! Jadi bangun guys, tapi masih ada lagi nih penyakitnya. Habis makan pasti perut kenyang tuh, penyakit kantuk pun datang menerpa. Jangan tidur lagi guys, minimal buka matamu dan lakukan shalat shubuh dulu.

Padahal tidur habis sahur itu bahaya bagi kesehatan guys.


Bila habis shalat masih saja ngantuk dan ingin tidur. Kamu bisa lakukan aktivitas bermanfaat di pagi hari. Jadi, sayang banget kalau terlewati begitu aja.

Karena itu, simak yuk 7 tips yang dikutip dari hipwee biar puasamu semakin berkah!

1. Mandi, minimal bila tidak tahan dingin cuci muka dan sekalian berwudhu



Air yang dingin sering membuatmu malas untuk mandi pagi. Padahal sebenarnya, dinginnya itu hanya akan terasa di guyuran awal saja. Setelahnya, tubuhmu akan menyesuaikan dan airnya tidak lagi terasa sangat dingin. Mandi pagi juga berguna untuk memperlancar peredaran darah. Setelah mandi, kamu pun akan merasa segar dan siap memulai kegiatan. Dijamin deh kesegarannya sangat terasa ketika kamu melaksanakan ibadah shalat dan setelahnya.

Namun jika mandi dirasa cukup dingin, kamu bisa wudhu dan buat yang cowok langsung jalan kaki ke mesjid terdekat buat shalat shubuh.

2. Lakukan ibadah lainnya. Sekalian menumpuk pahala

panelkkambs.blogspot.com

Kata ibumu: Abis shalat jangan lupa dzikir dan baca Al-qur an ya Dek.

Jawabmu: Iya Maaaa… *lalu tidur lagi*

Sayang banget kalau pagi hari nggak dimulai dengan hal positif. Mumpung masih pagi dan belum banyak aktivitas yang harus dilakukan, kamu bisa nih memanfaatkan pagi harimu dengan beribadah. Kan kalau sekarang pahala berlipat-lipat itu bila kamu lakukan ibadah. Contohnya tadarus Al Qur'an, dijamin puasamu semakin barokah.

Menjelang siang hingga malam hari-harimu dipenuhi dengan aktivitas duniawi. Jadi, nggak ada salahnya dong memaksimalkan beribadah setelah shalat Subuh?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat ini, Dilakukan Banyak Orang Saat Ramadhan

3. Pikirkan dan tulis hari ini mau ngapain aja selain aktifitas rutin

Ngerjain skripsi dulu deh, abis itu baru bersih-bersih kosan. Hmm berarti jalan sama teman nanti sore aja.

Merencanakan hal apa aja yang akan dilakukan hari ini sangat membantumu menentukan prioritas. Secara nggak langsung kamu telah melatih bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Tugas-tugas pun dapat terselesaikan dengan baik. Nggak hanya itu aja, kamu juga bisa melihat apakah di siang atau sore nanti memiliki waktu luang yang bisa kamu gunakan bersama keluarga maupun teman-teman. Kalau nggak punya? Ya main-mainnya ditunda sampai besok. Dengan begitu, kamu pun nggak akan ketetran.

4. Bila ada tugas dari kantor atau kuliah itu lebih bagus. Kerjakan biar nggak ngantuk

Badan yang masih segar di pagi hari sangat baik untuk digunakan beraktivitas. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengisi waktu luang setelah shalat Subuh dengan menyicil tugas-tugas yang belum selesai. Dengan semangat yang masih menggebu, tugasmu akan cepat selesai dan semakin mudah mengerjakan kegiatan lainnya.

5. Atau sekedar nonton tv dan browsing berita biar kekinian dikit.


youtube.com

Eh awas, jangan biarin air kotornya menggenang gitu di bak. Nanti kita kena virus Zika, lho.”

Virus Zika itu apa?”

Mengikuti perkembangan informasi dunia terkini memang perlu sebagai makhluk sosial. Perbincangan dengan orang sekitar seringkali menyangkut tentang peristiwa terbaru. Ada kalanya temanmu membutuhkan komentar atau opinimu mengenai isu tersebut. Untuk itu, nggak mau dong kamu ketinggalan berita dan mengecewakan lawan bicara? Lagipula, menonton berita menambah pengetahuanmu lebih luas.

Baca Juga: Kisah Sanim, Tak Tamat SD, Jadi Tukang Becak, Kini Punya Dua Pabrik

6. Coba jalan-jalan disekitar lingkungan dijamin kantukmu hilang...

Keliling komplek ah mumpung masih pagi belum ada polusi udara.

Udara di pagi hari masih jauh dari polusi. Karena itu, udara pagi sangat bagus bagi kesegaran tubuh dan pikiran. Kamu bisa ke luar rumah sebentar untuk berjalan-jalan di sekitar sambil menghirup udara segar. Adanya embun pagi juga memberikan efek positif untukmu memulai pekerjaan.

7. Kalau rasa kantuk melanda lagi, ada baiknya tidur setelah matahari terbit

Kalau memang semalam begadang atau rasa kantuk menyerang tak tertahankan, ada baiknya kamu melanjutkan tidur ketika matahari sudah terbit, yaitu di atas jam 6.30 pagi. Pikiranmu pun akan tenang karena sebelumnya telah menyicil beberapa pekerjaan setelah shalat Subuh tadi.

Begitu banyak nikmat yang didapat dari kegiatan positif di pagi hari. Dengan tidak tidur kembali, berarti kamu telah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengatur pola tidur dan kegiatan. Tubuhmu menjadi lebih sehat dan otak dapat berpikir dengan jernih. Dengan begitu, kegiatan sehari-hari akan berjalan dengan lancar dan baik untuk dirimu.

Selamat mencoba tips-tips ini! Semoga puasamu lancar ya guys!
Top