Sedekahkan 100 Kuda Perang Setiap Hari, Hanya dengan 3 Menit Melakukan Hal Ini!

Komentar

Islam adalah agama yang sangat mudah, namun penuh dengan makna dan kebaikan sejati. Seperti misalnya, bagi seorang muslim tidak sulit untuk mendapatkan pahala. Banyak amalan-amalan ringan yang dapat mendatangkan pahala yang besar, salah satunya berdzikir. Bahkan, terdapat amalan dzikir yang bila dilakukan, pahalanya sama dengan sedekah 100 kuda perang.

Dzikir mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun jarang dilakukan seorang Muslim, mungkin karena tidak mengetahui keutamaannya. Dzikir pagi adalah amalan yang patut digalakkan. Karena selain membuat lebih bersemangat di pagi hari juga berdampak dimudahkan segala urusan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Ulasan terkait : Suami Istri Sudah Sama-sama Bekerja, Mengapa Hidup Cuma Segini Saja?

Dzikir pagi  dibaca saat masuk waktu Subuh hingga matahari terbit. Namun boleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat. Soal bacaan wirid, ada bermacam-macam  pilihan.

Masalah dzikir pagi ini, Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

Dari Anas Ibnu Mali, Rasulullah bersabda;

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيل، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً ”

Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah ta’ala mulai shalat Subuh hingga terbit matahari lebih aku senangi daripada memerdekakan empat orang budak dari anak Ismaa’iil. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai shalat ‘Ashar hingga tenggelam matahari lebih aku senangi daripada memerdekakan empat orang budak.” [HR: Abu Daawud, Al-Baihaqiy]

Selain itu, tahukah bahwa terdapat hadits yang menjelaskan keutamaan berdzikir yang bila dilakukan, pahalanya setara dengan sedekah 100 kuda perang?


Ulasan terkait : Banyak yang Begini, Jangan Mudah Menghina Kemudian Minta Maaf Asal Gitu Aja!

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan alhamdulillah 100 kali, sebelum terbit matahari di pagi hari, dan sebelum tenggelam matahari di sore hari, pahalanya seperti orang bersedekah 100 kuda perang fii sabilillah.

Jika dihitung secara waktu, maka 100 ucapan Alhamdulillah tidak sampai 3 menit. Sementara pahalanya begitu sangat besar jika diuangkan. Karenanya ucapkanlah dzikir hamdalah setiap pagi hari setelah subuh dan ketika matahari tenggelam sekitar setelah ashar sebelum maghrib setiap harinya.

Bahkan bila perlu berdzikirlah sebanyak yang kita mampu karena Allah pun menganjurkan yang demikian.

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Ahzab: 41).

Akan tetapi, lakukan amalan ini dengan ikhlas tanpa ada rasa riya, sehingga amalan kita tidak sia-sia di hadapan Allah Ta’ala.
Top