Satu Persatu Temanku Sudah Menikah, Kapan Giliranku?

Saat semua teman kita sudah menikah, pasti muncul pertanyaan, kapan nikah? Kapan nyusul? Atau yang lebih ekstrim lagi, Mama minta cucu. Itu semua terjadi karena kamu masih saja jomblo, padahal semua temanmu sudah pada nikah, bahkan gendong anak.



BACA JUGA: Allah SWT Pernah Hidupkan Orang Mati. Tidak Percaya? Ini Bukti Nyatanya

Dalam islam, menikah dianjurkan untuk melengkapi kesempurnaan agamanya. “Siapa yang diberi karunia oleh Allah seorang istri yang solihah, berarti Allah telah menolongnya untuk menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu, bertaqwalah kepada Allah setengah sisanya.” (HR. Baihaqi).

Namun, bagi yang masih belum ada ‘pertanda’, jangan panik. Karena masing-masing orang punya jodoh dan nasib sendiri. Masih ingat dengan jani Allah yang ini? “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Ad-Dzariyat: 49).

Beberapa pujangga menganalogikan menikah itu seperti sebuah bus. Sendiri adalah kondisi dimana Anda menunggu bus yang lewat di haltenya. Ada kalanya banyak bus yang lewat di depan Anda, namun dalam kondisi tertentu Anda harus menunggu waktu sedikit lebih lama kedatangan bus itu.

Tidak semua bus yang berhenti di depan Anda kosong dan membukakan pintunya, ada kalanya kursi di dalamnya telah terisi penuh. Dan saat bus lain datang membukakan pintu agar Anda mengisi tempat duduk yang kosong, ada kalanya Anda justru tidak menaikinya karena bus tersebut tidak sesuai arah tujuan Anda.

Satu hal lagi, apa yang Anda lakukan saat menunggu bus itu? Hanya berdiri dengan penuh harap? Ataukah mengisinya dengan hal lain yang lebih bermanfaat? Pun demikian kondisi saat seseorang sedang menunggu seseorang yang akan menjadi pasangannya di pelaminan. Jangan panik, ketika satu persatu teman mulai menikah. Karena Allah telah menyiapkan sebuah ‘bus’ yang menunggu untuk Anda tumpangi.

“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (QS. An Nur:26).

Selama masih ada waktu, coba untuk mempersiapkan diri. Jangan lupa untuk berdoa agar segera dipertemukan dengan jodohnya.
Top