Sangat Simple Untuk Dilakukan, Tapi Ganjarannya Setara Dengan Naik Haji!

Komentar
Ibadah haji bagi yang mampu, merupakan salah satu dari rukun islam. Oleh karena itu, jika mampu untuk melakukannya, segera sempurnakan islam kita dengan cara berhaji.



BACA JUGA: Pengen Move On dari Mantan? Tenang Saja, Islam Punya Cara Ampuhnya

Melaksanakan Ibadah haji ke tanah suci, merupakan impian bagi setiap muslim. Sayangnya, tidak semua orang bisa kesana, mengingat harga untuk perjalanan kesana tidak sedikit. Namun jangan khawatir, karena 6 amalan ini, ganjarannya setara dengan pergi haji, seperti yang dikutip dari satumedia.

1. Menunaikan Shalat Fardhu Berjamaah Di Masjid

Seperti tercantum dalam hadist dari Abi Umamah Radhiyallahu ‘Anhu.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang berjalan menuju shalat fardhu berjamaah, maka ia seperti haji. Dan barang siapa yang berjalan menuju shalat sunat, maka ia seperti umrah sunah,” (HR. Ath Thabrani).

2. Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Tak hanya menjadi sebuah kewajiban bagi seorang anak, berbuat baik kepada kedua orang tua pun dapat mendatangkan pahala yang besar.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Sesungguhnya aku ingin sekali berjihad, tetapi aku tidak memiliki kemampuan untuk itu.” Rasulullah kemudian bertanya, “Apakah masih ada yang hidup di antara kedua orang tuamu?” Lelaki itu menjawab, “Ibuku”, Rasul kemudian bersabda, “bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Sebab jika engkau melakukan itu, engkau adalah jamaah haji, umrah dan mujahid (Orang yang berjihad),” (HR. Ath Thabrani).

3. Pergi Ke Masjid Untuk Mengajar atau Menimba Ilmu

Menuntut ilmu juga kewajiban seorang Muslim, entah itu ketika muda ataupun tua. Hal ini pun mendatangkan pahala setara menunaikan haji.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang pergi ke masjid, ia tidak menginginkan hal itu kecuali untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya. Maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji, sempurna hajinya,” (HR ATh Thabrani).

4. Melaksanakan Umroh Di Bulan Ramadhan

Salah satu kemuliaan yang terdapat bulan Ramadhan adalah dilipatgandakannya pahala. Begitu pun juga jika seseorang melaksanakan umroh di bulan tersebut, maka Allah akan memberinya pahala layaknya ibadah haji.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Melaksanakan umroh di bulan Ramadhan itu (berpahala) seperti haji atau (seperti) haji bersamaku,” (HR. Muttafaqun ‘Alaih).

5. Duduk Di Masjid Setelah Shalat Subuh, Berdzikir Dan Melaksanakan Shalat Isyraq

Pahala ibadah haji juga bisa didapat setiap pagi yakni dengan berdzikir di masjid setelah melaksanakan shalat subuh hingga matahari terbit dan melakukan shalat isyraq. Bahkan Rasulullah menyebutkan amalan tersebut akan berpahala haji yang sempurna.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Barang siapa shalat subuh berjamaah, kemudian ia duduk (menunggu) sambil berdzikir hingga terbit matahari, lalu ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna,” (HR Tirmidzi).

6. Berdzikir Setelah Shalat Wajib

Amalan terakhir yang mendatangkan pahala berhaji adalah dengan berdzikir setelah shalat wajib, sebagaimana hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu:

“Dalam suatu waktu orang fakir dari kaum Muhajirin datang kepada Rasulullah dan berkata, ‘Orang-orang kaya pergi membawa derajat yang tinggi dan tempat yang bergelimang nikmat.’ Nabi bertanya, ‘Apa itu?’ Mereka kemudian berkata, ‘Mereka shalat sama seperti kami shalat dan mereka berpuasa sama seperti kami berpuasa. Hanya saja (bedanya) mereka memiliki kelebihan harta sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji, umroh, berjihad dan bersedekah (dengan hartanya, sementara kami tidak bisa karena miskin).’

Lantas Rasulullah bersabda, ‘Apakah kalian ingin aku ajari sesuatu yang (jika kalian amalkan) kalian dapat mengungguli orang-orang yang mendahului kalian dan mengalahkan orang-orang setelah generasi kalian? Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama dari kalian, kecuali orang yang mengamalkan hal yang sama seperti yang kalian amalkan?’

Mereka menjawab, ‘Ya, Wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda, ‘Kalian bertasbih, bertahmid dan bertakbir setiap selesai shalat (masing-masing) sebanyak 33 kali,'” (HR. Muttafaqun Alaih).

Nah, bagi yang belum bisa pergi haji ke Mekkah, bisa mengamalkan 6 amalan diatas dulu.
Top