Saat Sahur, Jangan Mengkonsumsi 4 Jenis Makanan Ini, Bahaya!!

Komentar
Agar puasa kita bisa penuh sehari, maka jangan lupakan sahur. Selain agar kita bisa puasa penuh, sahur juga merupakan sunnah Rasulullah dan terdapat pahala didalamnya.



BACA JUGA: Jam Berapa Anda Sahur? Apakah Sudah Masuk Waktu Sunnah Sahur Ini?

Saat sahur, kita harus benar-benar memilih makanan yang tepat. Karena salah memilih makanan, bisa mempengaruhi kualitas puasa kita selama sehari. Untuk itu, hindari 4 jenis makanan berikut saat sahur.

1. Makanan Bersantan

Makanan bersantan bisa memunculkan risiko berbagai penyakit pembuluh darah, semisal stroke, jantung koroner, asam urat. Terlebih jika makanan bersantan yang dimakan merupakan sisa makanan semalam untuk alasan praktis. Selain itu, makanan mengandung santan juga berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah.



Hal ini diungkapkan  dr. Arieska Ann Soenarta dari Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Menurutnya kolesterol yang berlebihan akan memicu penyempitan pembuluh darah dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri dada. Bila ini berlanjut maka akan berdampak pada   kematian jaringan otot jantung, hingga stroke bila sumbatan ini menyerang pembuluh darah otak.

2. Gorengan



Gorengan menjadi salah satu makanan yang menggiurkan saat santap sahur. Akan tetapi, meski enak dan murah, menu yang satu ini harus dihindari. Sebenarnya minyak sayur tidak berbahaya, namun penggunaannya yang dipanaskan dulu serta pemakaiannya yang berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Makanan Pedas


Rasa pedas pada makanan memang membuat kita berselera untuk menyantap makan sahur. Tapi tunggu dulu, makanan ini berpotensi menyebabkan asam lambung yang bisa membuat anda menderita seharian.  Dalam jangka waktu lama, makanan jenis ini bisa menyebabkan lambung menjadi rapuh dan rentan terhadap luka. Ada baiknya anda menghindari makanan ini untuk kenyamanan ibadah anda.

4. Makanan Mengandung Asam

Makanan asam juga tidak disarankan sebagai menu saat sahur, Makanan jenis ini menjadi pemicu asam lambung tinggi dan sulit dicerna.  Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit maag sehingga menggangu aktivitas ibdah anda. Beberapa contoh makanan mengandung asam adalah tomat, jeruk dan buah-buahan lain yang terasa asam.



Sedikit tips, jangan melupakan asupan nutrisi dari buah dan sayur juga. Makanan diatas boleh saja dimakan akan sedikit, tapi lebih baik untuk dihindari.
Top