Rumah Seperti ini Tak Akan Dimasuki oleh Malaikat

Komentar

nordicdesign.ca

Rumahku istanaku, karena itu hiasalah rumah kita dengan hal-hal baik bak istana. Bukan hanya dalam artian menghias rumah dalam bentuk materi, namun juga dalam bentuk lain misal mengundang dan menjamu tamu serta menggunakan untuk ibadah shalat wajib bagi wanita dan shalat sunnah bagi laki-laki maupun bacaan-bacaan Al Qur'an.

Rumah merupakan tempat kita mengharapkan datangnya rahmat dari Allah SWT. Karena itu hiasilah rumah kita dengan baik, karena rumah dengan ciri-ciri berikut ini akan susah dari rahmat Allah, karena para malaikat pembawa rahmat enggan masuk ke rumah kita.

Bagaimana cirinya, tentunya bila rumah kita berisi hal-hal yang dimurkai Allah sehingga malaikat enggan masuk ke dalamnya. Dan bahkan mungkin saja menjadi tempat bersemayamnya para syetan dan jin yang dilaknat.


nordicdesign.ca

Rasulullah menjelaskan dalam banyak hadits tentang rumah-rumah tertentu yang tidak akan dimasuki Malaikat Rahmat. Di antaranya adalah hadits-hadits berikut ini:

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةُ تَمَاثِيلَ

Aku (Abu Thalhah) mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Malaikat (rahmat) tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing dan (atau) gambar patung” (HR. Bukhari)

عَنْ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةٌ

Dari Abu Thalhah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Sesungguhnya malaikat (rahmat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar”(HR. Muslim)

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمَلَائِكَةُ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ وَلَا كَلْبٌ وَلَا جُنُبٌ

Dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Malaikat (rahmat) tidak masuk rumah yang padanya terdapat gambar dan anjing serta orang yang junub” (HR. An Nasa’i, dishahihkan Al Albani)

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةٌ

Dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:“Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani)

Baca Juga: Bolehkah Berkurban tapi Belum Melaksanakan Aqiqoh?

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, ada sejumlah rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat yaitu:


  1. Rumah yang di dalamnya ada gambar/lukisan makhluk bernyawa
  2. Rumah yang di dalamnya ada anjing.
  3. Rumah yang penghuninya junub alias biasa tidak mandi/bersuci dari junub.
  4. Rumah yang di dalamnya ada patung.

Baca Juga: Sultan Ternate Marah Besar dengan Aksi Duo Serigala, Ini Siksaan Bila Melihat Dangdut Vulgar

Selain 4 rumah tersebut, mengutip muslimsatu.com, dalam buku Rumah yang Tidak Dimasuki oleh Malaikat, Abu Hudzaifah Ibrahim bin Muhammad menambahkan rumah-rumah lainnya yang tidak dimasuki oleh Malaikat Rahmat yaitu:


  1. Rumah orang yang memutuskan silaturahim
  2. Rumah orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya
  3. Rumah orang yang memakan harta anak yatim
  4. Rumah orang yang memakan riba
  5. Rumah yang di dalamnya tidak disebutkan Asma Allah
  6. Rumah yang tidak ada shalawat di dalamnya dan lebih mementingkan hawa nafsu
  7. Rumah yang di dalamnya banyak caci maki dan laknat
  8. Rumah yang di dalamnya ada alunan lagu selain dzikir
  9. Rumah yang di dalamnya ada lonceng
  10. Rumah yang digunakan minum khamr
  11. Rumah yang ditempati perjudian dan sajian berhala
  12. Rumah yang di dalamnya ada syirik dan mantra-mantra
  13. Rumah yang di dalamnya ada bau tidak sedap atau penghuni laki-lakinya melumuri tubuh dengan kunyit
  14. Rumah yang penghuninya hidup boros
  15. Rumah yang penghuninya terus menerus melakukan kedurhakaan
  16. Rumah yang digunakan untuk kekejian, atau dosa besar


Wallahu a’lam bish shawab
Top