Rugi Setelah Sahur Tidur Selain Menyebabkan Penyakit Anda Tidak Bisa Memanen Pahala Setelah Shalat Subuh

Komentar

http://koranfakta.net

Ketika sahur mengharuskan kita bangun tidur lebih pagi dari hari biasanya, selain itu kita harus makan lebih pagi dari biasanya.

Hal ini yang membuat anda menjadi megantuk dan langsung tidur setelah selesai sahur, inilah yang menyebabkan banyak dampak negatif yang akan diterima oleh tubuh jika setelah sahur langsung tidur.

Berikut Masalah yang dapat ditimbulkan:

1. Perut buncit dan berat badan naik

Setelah makan dan kenyang, tubuh perlu waktu untuk mencerna semuanya. Tapi kalau kita langsung tidur begitu selesai sahur, lemak bisa tertimbun dalam perut dan tak langsung dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, perut jadi buncit dan besar kemungkinan berat badan pun akan naik.

2. Refluks asam lambung

Hati-hati, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Ini namanya refluks. Kalau ini terjadi, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar.

Tak hanya itu, mulut pun jadi terasa pahit. Pastinya tak nyaman sekali kan kalau habis makan sahur, kita langsung mengalami hal ini.

3. Rasa panas di area dada

Saat kita tidur, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Kalau habis makan sahur langsung tidur, kita akan rentan kena sakit maag akibat dari meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam inilah yang bisa menimbulkan sensasi panas di area dada.

4. Berisiko Terkena Stroke

Penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, risikonya terkena gangguan stroke rendah. Dengan kata lain, kalau kita langsung tidur setelah makan (tak memberi waktu jeda yang cukup), maka risiko terkena stroke akan meningkat.

Namun, tak perlu risau ada beberapa solusi meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan.

Lakukan aktivitas dulu sebelum tidur lagi. Bisa dengan menunaikan shalat Subuh dulu, lalu berzikir, dan membaca Al Quran. Beri waktu tubuh untuk mencerna makanan yang baru kita konsumsi saat sahur.

BACA JUGA:  Siapa Bilang Mandi Malam Bikin Rematik, Inilah Manfaat Mandi Malam Malah Menjadi Pembuka Pintu Surga

Atau lakukan amalan-amalan setelah sholat Subuh, yang bisa anda panen pahalanya,

Pertama, Dzikir

Dzikir tidak hanya aktifitas yang dianjurkan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tetapi juga merupakan perintah Allah Subhanahuwata’ala sebagaimana dalam firmanya yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah dengan menyebut (nama-Nya) sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (keimanan). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman”. [QS. Al-Ahzab 41-43]

Selain menjadi kebiasaan dan sunah yang dilakukan Rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam, dzikir menjadi salah satu amalan ringan yang memiliki keutamaan melimpah beberapa diantaranya dapat menjadi penebus dosa, menyelamatkan seseorang dari azab neraka dan menghilangkan kegelisahan hati yang gundah.

Dzikir juga dapat mengangkat derajat seorang mukmin. Rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Maukah kalian aku beritahu dengan amal perbuatan terbaik, paling terbersih disisi Tuhanmu, paling tinggi untuk kedudukanmu, jauh lebih baik dibanding sedekah emas dan perak bagimu dan daripada kalian bertemu musuhmu lalu bertempur dengan mereka? Mereka menjawab: Mau, ya Rasul. Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah”. [HR. Tirmidzi]

Kedua, Banyak Berdoa

Allah Subhanahuwata’ala akan meridhoi hamba-hambanya yang berdoa kepada-Nya. Berdoa juga dapat mendekatkan seorang hamba kepada penciptanya. Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. [QS. Al-Baqarah 186]

Berdoa adalah salah satu cara seorang hamba bercerita atau berkeluh kesah kepada penciptanya, dengan berdoa seseorang dapat menyadari bahwa manusia adalah mahluk yang lemah dan hanya Allah Subhanahuwata’ala yang maha luas lagi maha kaya bahkan dengan doa serang hamba dapat meminta yang terbaik bagi masa depanya.

Ketiga, Sholat Sunnah 2 Rakaat Ketika Matahari Terbit

Sholat sunnah ini memiliki keutamaan yang sangat besar yaitu akan mendapat pahala seperti hai dan umrah secara sempurna. shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” [HR. Tirmidzi]

Sholat dua rakaat ini di istilahkan sebagai sholat isroq yang waktunya berada di awal waktu sholat dhuha.
Top