Rebus Botol Bayi Sebenarnya Boleh Gak Sih?

Tak hanya bayi saja yang harus dirawat, tapi juga lingkungan dan juga peralatan bayinya juga harus benar-benar diperhatikan. Terutama dalam membersihkan botol susu.



BACA JUGA: Tak Lama Rumah Tangga Bisa Hancur, Ini Ciri-ciri Orang Kena Pelet

Untuk mensterilkannya, banyak orang tua yang menggunakan cara merebus botol kedalam panci yang berisi air mendidih. lantas, apakah cara ini benar? Atau justru salah dan harus ditinggalkan?

Sebenarnya saat anda merebus botol , maka botol tersebut akan memuai. Untuk itulah harus benar-benar ekstra hati-hati. Tapi jika Anda memang harus merebusnya di panci, ikuti cara yang benar.

1. Cuci tangan Anda dengan bersih sebelum mulai memegang botol susu dan peralatan makan bayi. Lalu cuci semua botol, dot, dan empeng bayi di air hangat dengan menggunakan sabun cuci air. Bersihkan bagian dalam menggunakan sikat khusus pembersih botol bayi.

2. Masukan semua bagian dari botol susu ke dalam panci berisi air (sebelum mendidih) dan rebus selama sekitar 10 menit. Ingat, jangan memasukkan botol bayi saat air sudah mendidih untuk mencegah peralatan bayi memuai.

3. Angkat dari panci dan simpan dalam wadah dengan penutup. Jangan lupa untuk mencuci bersih wadah lalu siram dengan air panas.

Perabot makan cukup disiram air panas

Berbeda dengan botol susu, peralatan makan bayi seperti gelas, piring dan sendok cukup disiram air panas. Atau bisa juga dengan membilasnya pada panci khusus berisi air panas. Alasannya, peralatan makan dan minum umumnya digunakan tak sesering botol susu dan digunakan dalam waktu relatif lebih pendek.

Lagi pula sesudah dipakai makan, biasanya langsung dicuci. Kebiasaan ini berbeda jika dibanding dengan botol susu yang kerap digunakan berulang-ulang sejak pagi hingga malam untuk jangka waktu relative lebih lama.

Top