Ramadhan Tak Perlu Loyo, Tetap Semangat Dengan 8 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Mulai Sekarang!


Apa yang akan terjadi jika sesudah ramadhan? Semangat kemenangan pasti sudah melekat. Namun kebanyakan dari kita sudah merasakan semangat lebaran sudah hilang beberapa bulan. Padahal ketika ramadhan kita sering sekali taat kepada Allah, memperbanyak amalan sunnah, sering membaca Al-Qur'an, dan lain sebagainya. Namun beberpa hari setelah takbir Ramadhan dikumandangkan, sudah membuat semangat kita menjadi lemas.

BACA JUGA:  Lebih Baik Kau Tidak Usah Berhijab, Demi Mempertahankan Kesucian Diri Wanita Ini Tewas Dihujani Peluru


Dikutip dari IDN TIMES, ada 8 cara sederhana yang bisa mempertahankan semangat Ramadhan yang bisa kita mulai dari sekarang. Diantaranya yaitu:

1. Mendengarkan lagu islami di sela-sela kesibukan

Pada saat bulan Ramadhan, simpanlah lagu-lagu rohani di ponselmu, karena musik rohani itu bisa memberikan semangat dan bisa mendekatkan diri kepada Allah. Jangan sekali-kali mendengarkan lagu rock ataupun lagu galau, karena musik rock dan galau akan menambahkan dosa dan menjadi tidak semangat di bulan Ramadhan.

2. Jika sudah jamnya shalat, tutup dan matikan terlebih dahulu ponselmu agar membawakan kamu ke arah yang lebih positif

Jika sudah adzan berkumandang, jangan sekali-kali kamu menunda shalat. Menunda waktu shalat itu akan mengurangi pahala pada saat Ramadhan dan menjadikan diri untuk tidak semangat lagi.

3. Menyisihkan penghasilan untuk bersedekah

Tidak usah takut miskin atau nggak bisa makan hanya karena bersedekah. Sisihkan sebagian penghasilan yang kamu miliki, karena dengan bersedekah Allah akan mencukupi kebutuhan kita. Allah lebih suka orang yang sering bersedekah daripada orang yang tidak pernah bersedekah sama sekali.

BACA JUGA:  Buka Saja Al-Qur'an untuk Melunasi Hutang dengan Mudah! Memangnya Bisa?

4. Gosip atau ghibah

Ngegosip atau mengghibah, pasti sudah kamu rasakan pada saat main dan berkumpul bersama teman-teman. Jika sudah memasuki Ramadhan kamu harus bisa mengalihkan topik pembicaraanmu seperti membahas film terbaru, atau novel baru yang baru keluar. Dengan begini semangat Ramadhan akan melekat dan tidak akan mungkin mengurangi dosa kita.

5. Membeli kurma

Pasti kamu tidak asing mendengar kata kurma kan? Kurma itu selalu identik dengan Ramadhan. Pasti setiap orang mempunyai kurma disela-sela bulan Ramadhan.

6. Mencetak foto keluarga di saat berkumpul di bulan Ramadhan 

Ramadhan selalu identik dengan kumpul keluarga dan saling memaafkan di bulan yang suci ini. Namun membuat foto atau mencetak foto bersama keluarga untuk dijadikan momen spesial di bulan Ramadhan, sudah jarang lagi kita lihat. Jika kamu ingin berbeda dengan orang-orang lain, kamu juga bisa membuat atau mencetak fotomu dengan keluargamu, supaya teringat kembali momen-momen yang sudah menjadi kenangan.

7. Bertaubat 

Jika kamu ingin bertaubat, segeralah bertaubat dengan tidak mengulangi kesalahan yang sudah kamu perbuat. Karena Allah sangat senang dengan hamba yang bertaubat.

8. Seing melafazkan kalimat-kalimat syahadat atau membaca Al-Qur'an
Sering melafazkan kalimat-kalimat syahadat atau juga sering membaca Al-Qur'an itu harus menjadi bagian di bulan Ramadhan untuk mendapatkan pahala bagi kita. Apalagi kita membacanya pada saat bulan Ramadhan, pasti Allah senang dengan orang yang sering melafazkan syahadat atau membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadhan.

Jadi lakukan mulai sekarang, mana yang akan kamu lakukan terlebih dahulu.
Top