Pilih Ilmu, Harta, Atau Tahta?, Tahukah Kamu Bahwa Nabi Sulaiman Lebih Memilih Ilmu Karena Ini Alasan Nya!


Sesuai dengan firman Allah SWT menjelaskna :
Allah meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (Al-Mujaadilah: 11) Dan “Tuhanku, tambahkanlah  kepadaku ilmu pengetahuan (Thaahaa: 114)

Disuatu ketika Nabi Sulaiman ditawari oleh Allah untuk memilih antara ilmu, harta, dan tahta. Nabi Sulaiman dengan tegas menjawab lebih memilih ilmu, dan pilihan tersebut terbukti terbaik.  Dengan pilihan itu juga, Nabi Sulaiman akhirnya mendapatkan harta dan tahta sebagai raja, bahkan wanita atas kehendak dan sepersetujuan Allah SWT.  Nabi Sulaiman adalah raja yang sangat kaya dengan wilayah kekuasaan yang begitu sangat luas.  Memerintah dengan adil dan bijaksana, sehingga Raja-raja negara lain pun menaruh hormat kepadanya. Nabi Sulaiman a.s. yang tercatat dalam sejarah sebagai nabi yang cerdas, kaya raya, berkuasa dan shalih.  Ada hadits yang mengisahkan tentang nabi Sulaiman:

Sulaiman diberi pilihan antara harta, kerajaan, atau ilmu. Maka Sulaiman memilih ilmu. Lalu dengan sebab memilih ilmu (pada akhirnya) dia diberi kerajaan dan harta.”  (H.R. Ibnu ‘Asakir dan ad-Dailami)

BACA JUGA Pantaskah kalian para laki-laki mengatakan jika wanita itu racun dunia? Luangkan Waktumu Untuk Membaca Ini Agar Hidupmu Lebih Menghargai Wanita


Dalam hadits berisi, Nabi Sulaiman lebih memilih ilmu daripada harta dan kerajaan.  Ini adalah pilihan yang sangat tepat.  Nabi Sulaiman paham bahwa ilmu itu tidak seperti harta dan tahta,ilmu itu ringan dibawa ke mana-mana.  Ilmu itu seperti biji yang tumbuh menjadi pohon yang kemudian menghasilkan buah yang segar dan bermanfaat.  Ilmu juga cahaya yang menyingkirkan duri dan gelapnya jalan menuju tujuan sehingga kita tahu mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah.

Mana arah ke surga mana arah ke neraka. Mana jalan menuju kaya dan mana jalan menuju kemelaratan.  Keputusan yang diambil, akan membawa dampak pada masing-masing manusia. Berbekal ilmu yang luas, Nabi Sulaiman berhasil menguasai dunia bukan dikuasai dunia. Nabi Sulaiman berhasil menjadi raja yang cerdas dan kaya raya.  Pada akhirnya ilmu, harta, tahta dan wanita, semua sudah dicapainya. Begitulah fakta dan realitas bahwa orang berilmu derajatnya lebih tinggi daripada yang tidak berilmu.

Rentang waktu tujuan hidup yang masuk dalam komponen, pertimbangan akan sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk memilihnya. Orang dengan pertimbangan kebahagiaan jangka pendek dan mereka yang pandangan hidupnya pendek tentu tidak akan memilih ilmu. Mungkin kita termasuk yang ada di dalamnya.

Sebuah Hadist mengkisahkan bahwa suatu tempo Nabi Muhammad SAW mendatangi pintu masjid, di situ beliau melihat setan berada di sisi pintu masjid. Kemudian Nabi SAW bertanya,

Wahai Iblis apa yang sedang kamu lakukan di sini?"

Maka Setan menjawab,

Saya akan masuk ke dalam masjid dan akan merusak shalat orang yang sedang shalat ini, tetapi saya takut pada seorang lelaki yang sedang tidur ini.

Lalu Nabi Muhammad SAW berkata,

Wahai Iblis, kenapa kamu bukan takut pada orang yang sedang shalat, padahal dia dalam keadaan ibadah dan bermunajat pada Tuhannya, dan justru takut pada orang yang sedang tidur, padahal dia dalam posisi tidak sadar?

Iblis pun menjawab,

Orang yang sedang shalat bodoh, mengganggu shalatnya begitu mudah. Akan tetapi orang yang sedang tidur ini orang alim (pandai)."

Dari Ibnu Abbas radliyallâhu ‘anh, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Nabi Sulaiman pernah diberi pilihan antara memilih ilmu dan kekuasaan, lalu beliau memilih ilmu. Selanjutnya, Nabi Sulaiman diberi ilmu sekaligus kekuasaan.

Bersumber dari Abi Hurairoh radliyallâhu ‘anh, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Barangsiapa pergi menuntut ilmu maka Allah akan menunjukkannya jalan menuju surga. Sesungguhnya orang alim senantiasa dimintakan ampunan untuknya oleh makhluk yang berada di langit maupun di bumi, hingga dimintakan ampun oleh ikan-ikan di laut. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi."
BACA JUGA Laba-laba yang Menyelamatkan Rasulullah di Gua Tsur, Bagaimana Hukum Merusak Sarang Laba-laba ?


Hadits diatas menyiratkan betapa agama Islam begitu mulia, mengutamakan, dan menghargai orang yang berilmu pengetahuan.  Bahkan melebihi keutamaanya orang yang ahli ibadah tapi bodoh. Menjadi jelas pula bahwa dalam agama Islam, menuntut ilmu dan mengembangkan budaya ilmiah itu termasuk bagian dari sebuah ibadah, juga merupakan tuntutan agama.

Jadi tidak semata karena desakan kebutuhan zaman atau tuntutan dari institusi negara.  Itulah kunci mengapa dahulu pada masa kegemilangan peradaban Islam, banyak lahir ilmuan-ilmuan besar Muslim yang telah membatu diakui dunia dalam banyak cabang keilmuan. Mereka menekuni disiplin keilmuan atas motif ajaran Islam, bukan tuntutan negara (daulah) waktu itu. Begitu peduli dan perhatiannya agama Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan, banyak pula ayat Al-Qur'an memberi dorongan dan motivasi agar seseorang mencintai ilmu.

Berbagai apresiasi, penghargaan dan dorongan yang bersumber baik dari Al-Qur'an ataupun Sunnah Nabi sebagaimana membuat kaum muslim pada saat ini khususnya yang masih berstatus mahasiswa, pelajar dan santri bisa lebih giat dan tekun lagi dalam mempelajari suatu ilmu dan mengembangkan tradisi ilmiah.  Menyadarkan bahwa menurut pandangan Islam kegiatan dan aktivitas belajar dan menuntut ilmu baik di lembaga pendidikan formal atau nonformal yang ditempuh oleh seorang Muslim orientasinya tidak melulu mengejar ijazah, gelar dan jabatan tertentu.


Kesimpulan :

  • Ilmu adalah diatas segala-galanya. 
  • Derajat adalah tingkatan, maka manusia itu tergantung pada keilmuannya tingkatan-tingkatan tersebut menunjukkan derajat manusia dan yang perlu diperhatikan ilmu yang dapat meninggikan derajat 
  • Ilmu yang bermanfaat bagi keseluruhan jika orang itu ahli dalam ilmu umum maka didunia akan ditinggikan.
  • Ilmu adalah standart keabsahan suatu amalan, tidak benar suatu amalan atau tindakan seseorang tanpa dilandasi ilmu (tidak diterima amalan tersebut).
  • Kewajiban tiap muslim dalam upaya mentaati perintah agama.


Top