Patut Dicontoh, Masjid Agung Ciamis Gelar Tarawih 1 Juz Semalam!

Komentar

Tak terasa bulan yang kita tunggu-tunggu selaku umat muslim yaitu bulan yang penuh dengan berkah segera datang. Pada bulan suci Ramadhanlah para umat muslim di seluruh penjuru belahan dunia sangat menunggu kedatangannya, karena pada bulan tersebut umat muslim berlomba-lomba dalam kebajikan guna mengharap ridho Allah SWT.

Ulasan terkait : Jangan Dimarahi! Karena Bahaya Akan Datang Jika Anak Tak Bergurau di Masjid

Di bulan suci Ramadhan pada malam harinya biasanya umat muslim sering melaksanakan Shalat Tarawih, untuk itu di Mesjid Agung Cianjur biasanya melaksanakan Shalat Tarawih dengan bacaan 1 (satu) juz per malam. Benarkah?

Ya, shalat Tarawih yang menggunakan bacaan 1 juz tak hanya dilakukan di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi saja. Jika shalat Tarawih di Masjid Al-Ihsan Kabupaten Ciamis Jawa Barat, kita akan mendapati shalat tarawih yang bacaan Al-Quran 1 juz satu malam.

Masjid komplek pesantren Persatuan Islam no.109 Kujang Cikoneng Ciamis ini, menggelar shalat Tarawih dengan bacaan 1 juz semalam, artinya, selama satu bulan, jamaah yang tarawih di masjid tersebut akan menamatkan 30 juz.


Ulasan terkait : Misteri Masjid Nando, Masjid Aneh yang Konon Dibangun Bangsa Jin! Benarkah?

Selain Shalat Tarawih, di Mesjid Agung Cianjur pula sering melaksanakan qiamullail pada malam hari salah satunya yaitu Shalat Witir 11 rakaat. Shalat Witir 11 rakaat biasanya di laksanakan pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan dengan bacaan 3 juz permalam, jadi ketika sudah 10 malam bacaan genap menjadi 30 juz.

Namun sekarang-sekarang ini Shalat Witir 11 rakaat sering dilaksanakan ketika 15 hari terakhir bulan suci Ramadhan dengan bacaan 2 juz permalam, biasanya waktu pelaksanaan Shalat Witir sekitar jam 01.00 WIB dini hari hingga menjelang makan sahur.

Akan tetapi tidak semua orang berkeinginan melaksanakan shalat dengan bacaan yang panjang apalagi 1 juz, adapun orang-orang yang mencari tempat/mesjid dengan bacaan yang cepat dengan bacaan surat-surat pendek. Hal tersebut kembali lagi kepada pribadi masing-masing.

Nah, untukmu yang sedang bingung hendak melaksanakan shalat Tarawih dimana, apalagi khusus yang rumahnya tak jauh dari masjid Agung Cianjur. Boleh kiranya merasakan pengalaman yang menenangkan dengan shalat Tarawih menggunakan bacaan 1 juz. Mungkin saja ketika nanti sudah genap satu bulan berpuasa, maka pahala 30 juz Al-Qur'an bisa didapat dan ridha Allah SWT tercurahkan hingga nanti setelah hari kemenangan selesai. Jadi bagaimana menurutmu?
Top