Anti Mainstream, Mahar Tak Harus Berupa Benda, Bacaan Al Quran juga Bagus Lho!

Komentar

Bolehkah surat Ar-Rahman di jadikan mahar nikah? Ada memang sebagian calon mempelai wania yang meminta mahar tersebut kepada calon mempelai suami. Terdengar heran bukan? Bahkan yang kita ketahui sampai sekarang, mahar itu berupa cincin, seperangkat alat shalat, atau lain sebagainya.

Ternyata ada juga yang menikah cuma sekedar membacakan surat Al Mulk dan itu sengaja untuk dijadikan mahar. Ada juga yang menikah dengan menyetor hafalan 30 juz pada seorang hafizhah.

Apa bolehkah mahar seperti itu?

Yang perlu kita pahami pertama kali, mahar adalah hak seorang isteri. Allah hanya mewajibkan bagi pria yang ingin menikah untuk memenuhi mahar nikah.

BACA JUGA: Ghibah atau Gosip, Adakah yang Diperbolehkan?

 Karena Allah Ta'ala berfirman : وَآَتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً
"Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita yang kamu nikahi sebagai pemberian dengan penuh kerelaan" (QA. An Nisa:4)

Mahar itu bisa berbentuk barang, seperti emas. Ada juga mahar dalam bentuk jasa yaitu Al-Qur'an.


Dari beberapa survey yang dilakukan yang dilakukan oleh akhwat fillah bahwa setiap pernikahan para aktivis dakwah, ada juga alasan dari seorang isteri yang memilih Ar Rahman sebagai mahar. Berikut ini kita bahas tentang alasan mengapa seorang isteri memilih surat Ar Rahman sebagai mahar untuk nikah.

BACA JUGA: Karena Kini Akulah Pengganti Kedua Orang Tuamu, Inilah Niatku Untukmu Istriku

Beberapa alasan dari para isteri yang memilih surah Ar Rahman, yaitu:
1. Ada yang mengatakan karena ingin meringankan calon suami. Karena Rasulullah berkata bahwa sebaik-baiknya mahar itu yang memudahkan.

2. Ada juga yang mengatakan karena simple, lucu dan terinspirasi dari novel Kang Abik (ayat-ayat cinta)

3. Karena surat Ar-Rahman ayatnya pendek-pendek dan juga diselingi dengan pernyataan Allah akan nikmat-nikmatnya yang mana lagi yang kita ingkari, dan pengulangan kata-katanya terdapat pada surah yang lain. Terdapat sekitar 31 kali pengulangan kata fa biayyi 'alaa irobbikumaa tukazziban. Yang artinya maka nikmat tuhan yang manakah yang kamu dustakan.

4. Alasannya karena sangat menyukai surat Ar Rahman yang bercerita tentang bidadari yang di pingit, bahkan ada yang mengatakan dia tidak mau dihargai dengan apapun, baik cincin, uang atau materi. Apapun mahar tapi ia sangat bahagia kalau dirinya dibeli dengan surat Ar Rahman, subhanallah.

Nah dari kesimpulan tadi sudah terlihat bahwa manfaat mahar Ar Rahman untuk menikah juga bisa berupa pengajaran Al-Qur'an pada isteri atau pengajaran hafalan Al-Qur'an.
Top