NGERI! Hewan Bermata Satu Ini Ditemukan Di Sulawesi! Hewan Apa Ini?

Penulis Unknown | Ditayangkan 23 May 2017

Sebuah foto unggahan akun instagram @makassar_info ini menimbulkan kehebohan dunia maya, terutama warga kota Makassar. Pada senin (22/5) lalu, akun tersebut mengupload gambar sosok makhluk berwujud aneh dan terkesan mengerikan.

NGERI! Hewan Bermata Satu Ini Ditemukan Di Sulawesi! Hewan Apa Ini?

BACA JUGA: Diluar Dugaan, Ternyata Pesta Gay 'The Wild One' Sudah Beroperasi 2 Tahun! Pantesan Pemainnya...

Dari foto itu dituliskan pula caption: “Hewan apa ini kira-kira? Lokasi penemuan: Malino, Kabupaten Gowa." Sejumlah warganet yang melihat unggahan foto tersebut turut berkomentar. Ada yang mencela makhluk tersebut adalah hewan peliharaan dajjal.

Tapi makhluk itu sebenarnya spesies apa? Muh. Rizaldi, dosen biologi di Makassar, mengatakan melalui pesan singkat, "Saya sudah kirim ke LIPI. Kata Pak Anang Achmadi, peneliti mamalia di LIPI, sepertinya mirip bayi kucing tapi mengalami abnormalitas."

Rizaldi menjelaskan di belahan dunia lain pernah terjadi kasus serupa. "Ini namanya cyclops syndrome. Jadi untuk mamalia bisa saja terjadi seperti ini," katanya."Kejadian cyclops syndrome juga pernah ditemukan pada kambing di Indonesia. "Kemarin ada kejadian pada kambing, kata peneliti mamalia besar Pak Herjuno Ari," tutur Rizaldi.

Anang Setiawan Achmadi, peneliti mamalia di LIPI, mengatakan hal yang senada. "Itu sebenarnya abnormalitas," jawab Anang pada Selasa (23/5) melalui sambungan telepon. Anang menyebut abnormalitas itu lazim disebut sebagai cyclops syndrome.

NGERI! Hewan Bermata Satu Ini Ditemukan Di Sulawesi! Hewan Apa Ini?

Kelainan tersebut pernah ditemukan pada beberapa hewan lainnya, namun kali ini ditemukan pada hewan yang diduga kucing di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. "Sementara kami diskusikan kemungkinannya kucing," terang Anang.

Anang mengaku belum ada pihak LIPI yang mendatangi lokasi untuk memeriksa hewan tersebut secara langsung. Namun berdasarkan foto-foto yang ia lihat, peneliti LIPI ini berhipotesis makhluk itu adalah bayi kucing mengalami cyclops syndrome.

Cyclops Syndrome sendiri merupakan kelainan fisik sejak dalam kandungan, tandanya organ-organ tertentu mengalami ketidak normalan, salah satunya adalah mata sat. kelainan ini diambil dari nama makhluk mitos, Cyclops yang digambarkan memiliki mata di tengah kepala mereka.

SHARE ARTIKEL