Muslimah, Begini Cara Menumbuhkan Kepedulian Suami, Dan Kamu Pastinya Akan Tambah Disayang

Komentar



Sahabat, seorang istri pasti sangat  bahagia jika suaminya sangat peduli kepadanya. Namun adakalanya suami kurang atau bahkan tidak memiliki kepedulian seperti yang diinginkan istri.

Dan mengharapkan suami berubah bukan hal yang mudah, apalagi jika suami tidak menyadari bahwa ia kurang peduli atau istrinya membutuhkan kepeduliannya.  Karena itu istri perlu berupaya sendiri untuk menumbuhkan kepedulian suaminya.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membuat suami memiliki kepedulian kepada istrinya, yaitu:

1. Beri hadiah

Beri suami hadiah, terutama pada saat tertentu, seperti saat hari lahirnya, hari ulang tahun perkawinan, kenaikan pangkat dan sebagainya. Hadiah tidak perlu mahal, disesuaikan dnegan kemampuan, namun sesuatu yang spesial, bisa barang yang disukai atau yang dibutuhkan.  Misalnya suami hobi membaca buku, beri hadiah buku terbaru karya penulis yang ia sukai.  “Ayah, ini buku terbaru karya penulis yang ayah kagumi.  Ibu sengaja membelinya dan ibu hadiahkan untukayah tersayang”.

2. Memasak kesukaan suami

Seringlah memasak makanan kesukaan suami, apalagi pada hari istimewanya.  Kalau perlu bertanyalah pada ibu mertua resep masakan kesukaan suami dan belajar memasak padanya.  Dan katakan pada suami, “ Ayah, ibu masak ayam rica-rica kesukaan ayah.  Resepnya langsung dari mamah lho?”

3. Pancing suami untuk menunjukkan kepedulian

Untuk memancing suami, pastikan mood suami sedang baik, dan tidak sedang dikejar deadline pekerjaan. Pemastian ini bisa dilakukan hari sebelumnya, misal dengan menanyakan agenda suami pada hari libur besok. Pada hari H nya,  Katakan pada suami,  ‘Ayah, lagi santaikan? Nggak pingin nih, ngantar ibu belanja? Mumpung ayah lagi libur”.  Atau” ayah, suka dengan gamis hitam ini nggak? Kira-kira bagus nggak untuk ibu? Ibu perlu gamis warna hitam, karena gamis yang lama sudah kusam.  Bisa juga dengan mengajak jalan berdua,”besok jalan-jalan pagi yuk.  Sudah lama kita tidak jalan pagi berdua”.

BACA JUGA : Ini Bukti Pernikahan Bisa Membuat Laki-laki Lebih Dewasa, Sedangkan Pacaran Membuat Laki-laki Lebih Kekanakan

Kalau suami belum tergerak untuk mengantar atau memberi komentar, tidak usah kecewa.  Coba lagi lain kali.

4. Beri perhatian tulus pada suami setiap hari

Beri perhatian pada suami dalam berbagai hal.  Jahitkan Kancing kemeja yang lepas sebelum suami meminta, lipatkan payung yang mau dibawa suami ke kantor segera setelah kering, cuci peci suami yang kotor sebelum suami meletakkan di tempat cucian dan siapkan gantinya di tempat peci, kumpulkan kartu nama teman suami yang bertebaran di meja dan masukkan dalam album kartu nama.

Seorang istri perlu mengupayakan agar suami memberikan perhatian yang ia inginkan,  jangan lupa bedoa kepada Allah agar suami dibukakan hatinya untuk menjadi suami yang peduli.  Namun jika upaya sudah dicoba,  dan dicoba lagi dan lagi, namun suami tidak juga berubah, maka bersabar dan berbesar hatilah.

Dan tetap memberikan perhatian pada suami denga tulus.  Yakinlah, dialah suami terbaik yang dikirimkan oleh Allah, yang menjadi wasilah untuk meraih surga Allah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW pada seorang perempuan yang sudah bersuami “Perhatikanlah posisimu terhadapnya. Sesungguhnya yang menentukan surga dan nerakamu terdapat pada (sikapmu terhadap) suamimu.” (HR. Ahmad)
Top