Misteri Masjid Nando, Masjid Aneh yang Konon Dibangun Bangsa Jin! Benarkah?

Penulis Unknown | Ditayangkan 29 May 2017
Misteri Masjid Nando, Masjid Aneh yang Konon Dibangun Bangsa Jin! Benarkah?

Masjid Nando, nama masjid ini mungkin terdengar asing bagi kita, karena memang masjid ini tidak berada di Indonesia tapi di Desa Nando, Mali, Afrika Barat. Konon masjid ini dibangun oleh bangsa Jin!

Ulasan terkait : Jadi Ikon Baru Semarang, Masjid Bahtera Nabi Nuh Ini Bikin Pikiran Jadi Melayang!

Jangan heran jika berkunjung ketempat ini dan menemukan sebuah bangunan yang terbuat dari lumpur dengan design bangunan yang sangat indah berdiri kokoh di sebuah desa kecil bernama Desa Nando, Mali, Afrika Barat. Bangunan ini bukan merupakan kediaman ataupun istana para petinggi-petinggi adat di Desa tersebut, melainkan Masjid yang diberi nama Masjid Nando oleh masayarakat setempat.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat Desa Nando, konon masjid yang unik ini dibangun oleh bangsa jin. Hal ini diperkuat dengan struktur bangunan masjid yang sangat aneh dan bahan bangunan dari lumpur yang tidak lazim seperti bangunan pada umumnya. Tak hanya itu saja, nuansa mistis juga sangat kental di masjid ini ketika kita mulai memasuki setiap ruangan yang terdapat didalam masjid.

Jika dilihat sekilas, bangunan yang memiliki bagian runcing pada bagian atas bangunan, terlihat seperti sebuah benteng pertahanan yang umumnya digunakan sebagai pelindung disaat masa-masa peperangan. Masyarakat setempat juga sempat mengira bangunan ini merupakan benteng pertahanan yang dibangun oleh Raja-raja terdahulu di Desa ini. Namun, tidak adanya sejarah kerajaan yang pernah memimpin Desa ini, tidak menguatkan anggapan tersebut.

Misteri Masjid Nando, Masjid Aneh yang Konon Dibangun Bangsa Jin! Benarkah?

Ulasan terkait : Bukan Hanya Ibadah Saja, Ahli Mengatakan Puasa Bisa Atur Kesehatan Seseorang!

Satu hal yang juga terlihat sangat aneh pada bangunan ini adalah, terdapatnya bekas tapak kaki raksasa disalah satu sisi bagian masjid. Masyarakat setempat sangat yakin bahwa bekas tapak besar ini merupakan tapak dari salah satu jin yang memiliki badan besar, bahkan lebih besar dari bangunan masjid ini. Dimana diduga bahwa jejak kaki itu adalah bekas tapak kaki dari salah satu penguasa Jin Muslim di negara Mali.

Keberadaan masjid Nando ini tidak terlepas dari pengaruh dan masuknya Islam ke Afrika Barat pada abad IX Masehi. Pada saat itu, dibawa oleh pedagang Muslim dari suku Tuareg dan Berber. Keduanya merupakan suku Nomad yang suka mengembara di gurun Sahara Selatan dan Sahel Utara.

Saat ini, bangunan masjid ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing dan menjadi salah satu tempat wisata yang unik di Desa Nando, karena memiliki daya tarik tersendiri dari struktur bangunan. Namun, masyarakat setempat diketahui tidak hanya menjadikan masjid ini sebagai tempat wisata yang dapat diandalkan, tapi juga menjadikannya sebagai tempat ibadah bagi warga pemeluk agama Islam di Afrika Barat.
SHARE ARTIKEL