Merasa Jenuh Saat Berada Dikantor? Lakukan 8 Cara Untuk Mengusir Kejenuhan Di Kantor


Tempat kerja adalah satu diantara tempat yang bisa dibilang menjadi rumah kedua oleh sebagian orang-orang. Orang-orang perdi ke kantor hampir setiap hari bahakan separuh waktu, duduk di meja dan melakukan tugas-tugas yang sudah di menjadi makanan sehari-hari. Dan pada akhirnya kegiatan ini menyebabkan rasa jenuh hingga malas membuat rasa semangat untuk kerja menjadi hilang.

Rasa jenuh dan malas seringkali melanda saat kita sedang berada di kantor untuk bekerja karena banyak pekerjaan menumpuk yang belum terselesaikan. Jika hal tersebut terus dibiarkan lama dan berlarut-larut dan bisa berakhir dengan dipecat dari kantor tempat anda bekerja.

Rasa jenuh merupakan hal biasa yang selalu muncul pada setiap orang ketika harus menghadapi rutinitas yang itu-itu saja. Setiap orang memiliki tingkat kejenuhan yang berbeda-beda, tergantung dari faktor yang mempengaruhinya. Cara mengursir rasa jenuh saat berada di kantor:


1. Mendengarkan Lagu Favorit


Hampir semua orang menyukai musik. Musik dapat mengubah mood dan mengusir rasa bosan Kamu. Dengarkanlah lagu favorit  yang dapat
menambah semangat kamu dalam bekerja dan menambah daya otak agar berfikir jernih.

2. Memakan Cemilan



Ada baiknya kamu selalu menyediakan beberapa cemilan saat berada di kantor. Karena ketika merasa jenuh, mengemil merupakan cara terampuh untuk mengatasinya. Tetapi hindari makan makanan berat yang dapat membuat kamu merasa mengantuk.

3. Membawa Benda Kesayangan


Tidak ada salahnya memenuhi meja kerja kamu dengan benda-benda kesayangan yang ada di rumah seperti, bantal atau miniatur mainan. Bisa jadi suasana rumah yang nyaman akan terbawa. Kamu juga bisa menghias meja kerja Anda dengan burung-burungan kertas origami yang kamu buat sendiri disela-sela waktu lenggang.

4. Mempunyai Orang Yang Disukai


Ketika merasa jenuh dengan suasana dan pekerjaan di kantor, kamu akan menjadi malas untuk datang ke kantor. Tetapi hal itu tidak akan terjadi jika kamu mempunyai orang yang kamu sukai di kantor karena orang itu akan menjadi penyemangat kamu untuk datang dan bekerja.

5. Membuat Kata Motivasi Untuk Diri Sendiri Setiap Hari



Buatlah kata-kata motivasi setiap hari ketika Kamu mulai merasa jenuh. Kata motivasi yang kamu buat akan membuat kamu bersemangat kembali untuk melanjutkan hari saat berada di kantor.

BACA JUGA  9 Makanan Murah di Indonesia tetapi Mahal di Luar Negeri

6. Mengobrol Ringan dengan Teman Kantor


Kamu dapat berbincang sebentar dengan teman kamu yang juga terlihat sama bosannya dengan kamu. Bicarakan hal-hal ringan yang dapat membuat kamu melupakan rasa bosan yang kamu rasakan. Tetapi jangan sampai mengganggu suasana kantor atau teman-teman di sekitar kamu.
Bersyukur

7. Lakukan hal hal baru


Kalau biasanya kamu hanya dengan monoton saja. Cobalah melakukan perubahan baru setiap hari atau setiap minggunya. Seperti mengganti gaya penampilan kita ke kantor dengan gaya yang lebih fashionable. Atau menata meja kerja kita menghiasnya dengan elemen- elemen yang kamu sukai.

8. Lebih Kreatif


Jangan hanya menunggu perintah- perintah dari atasan. Tapi perluaslah wawasan dan galilah ide- ide cemerlangmu. Perbuka wawasan dengan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarmu baik atasan rekan kerja bawahan atau pekerja lain meskipun bukan satu divisi denganmu.

9. Menciptakan Suasana 


Ciptakan suasana positif dikantor disela pekerjaan yang membosankan,ikuti obrolan dikantor dan lunturkan suasana kebosanan dengan humor atau candaan.

10. Kenali Teman Kerja


Karena dengan begitu kamu tidak merasa bahwa hanya ada anda sendiri,di mana teman bisa di ajak cerita tentang masalah kamu sendiri dan pada saat bosan di kantor kamu dapat ngobrol atau bahkan berbincan-bincang dengan teman kamu,mungkin saat tugas kosong maupun jam makan siang.

BACA JUGA  Akibat Terlau Sering Memakan Makanan Pedas Yang Berlebihan

11. Ganti Cara Kerja


Apabila biasanya anda bekerja hanya menunggu perintah atasan,maka rubahlah kebiasaan itu,dengan cara jika kita selesai mengerjakan tugas satunya mak segeralah minta tugas baru,dengan itu siapa tahu anda malah mandapatkan nilai plus dari atasan.

12. Berfikir Positif


Dengan berfikir positif kamu dapat bekerja dengan lancar tanpa terlalu memikirkan beban hidup kamu,misal atasan anda memerintahkan tugas yang tidak anda sukai,mungkin atasan kamu mempunyai tujuan/maksud tertentu,itu semua demi kebaikan kamu juga,karena setiap yang di lakukan oleh atasan anda sudah diperhitungkan.

13. Lakukan Relaksasi


Daripada terus memikirkan beban pekerjaan yang tidak atau belum ketemu solusinya, lebih baik anda gunakan waktu tersebut untuk melakukan relaksasi. Lemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali berturut-turut. Metode relaksasi ini bisa membantu untuk meredakan stres yang kamu alami.

14. Atur Manajemen Waktu Dengan Baik



Pandai mengatur waktu di kantor sangatlah diperlukan. Tujuannya agar anda tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dengan santai.

15. Tata Ulang Ruang Kerja Kamu



Untuk mencegah stres datang, kamu bisa coba atas dengan cara menata ulang ruang kerja anda. Jauhkan meja dari tumpukan kertas atau file. Simpan kertas-kertas dalam map, kotak, atau laci. Jika memungkinkan, pindahkan letak meja yang anda gunakan menghadap matahari agar kamu dapat bekerja dengan cahaya alami dari luar.
Top