Menjelang Shubuh, Haid Tuntas Tapi Belum Mandi Wajib, Apakah Boleh Puasa?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 19 May 2017
Menjelang Shubuh, Haid Tuntas Tapi Belum Mandi Wajib, Apakah Boleh Puasa?
sugestions.com

InsyaAllah seminggu lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan. Namun bila menjelang Ramadhan ini tiba-tiba ada muslimah yang haid, dan baru suci pada hari kedua misalnya, itupun menjelang Shubuh dan pastinya belum mandi wajib.

Apakah boleh berpuasa, atau harus bersuci dulu?

Mengutip rumaysho.com, Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid berkata, jika saja ada wanita yang yakin suci dari haidh dan sudah berniat puasa sebelum Shubuh, walaupun tinggal semenit lagi akan masuk Shubuh, puasanya tetap sah walau ia belum sempat mandi besar (mandi wajib) kecuali setelah masuk Shubuh ketika ingin melaksanakan shalat Shubuh.

Namun kalau sucinya masih dalam keadaan ragu-ragu lalu berniat puasa, maka puasanya tidak sah karena puasa harus dengan niat yang yakin, tidak boleh ada ragu-ragu.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang seorang wanita yang berpuasa dalam keadaan ragu-ragu sudah suci ataukah belum dari haidh. Bagaimana jika di pagi hari ia mendapati dirinya suci, apakah puasanya dianggap sah padahal sebelumnya tidak yakin sudah suci?

Syaikh rahimahullah menjawab, “Puasanya tidak dianggap. Puasa ketika itu wajib diqadha’ (diganti). Karena asalnya haidhnya masih ada dan ketika itu masuk puasa dalam keadaan tidak yakin sudah suci. Padahal untuk masuk puasa harus dalam keadaan yakin suci. Itulah yang menyebabkan puasanya tidak dianggap,” (Majmu’ Fatawa Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, 19: 107).

Syaikh Al-Munajjid juga menerangkan, jika seorang wanita sudah yakin suci dari haidh, maka hendaklah ia segera mandi dan melakukan shalat. Jangan sampai ia menunda-nunda mandinya hingga keluar waktu shalat sampai akhirnya tidak shalat. Jika seperti itu yang dilakukan, maka hendaklah bertaubat dan mengqadha puasa yang telah ditinggalkan.

Kenapa sampai wanita yang sudah suci sebelum Shubuh masih boleh melanjutkan puasa walaupun belum mandi kecuali ketika sudah masuk Shubuh?

PILIHAN EDITOR
Viral, Bocah Sudah Meninggal Hidup Lagi Hanya untuk Minta Minum
Lebih Baik Sakit Hati Karena Berpisah Daripada Makan Hati Karena Bertahan

Karena yang penting sudah suci, menunda mandi tidak masalah seperti kasus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dalam keadaan junub.

Istri tercinta Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa,” (HR. Muslim, no. 1109). []
SHARE ARTIKEL