Mau Lahiran Anak Ke-2, Persiapkan Ini ya Bun...

Komentar
Banyak yang mengira dengan sudah melahirkan anak yang pertama maka kelahiran anak yang kedua akan lebih mudah. Yap, memang benar hal ini akan membuat sang ibu tidak kaget dan tahu apa – apa saja yang harus dilakukan agar sang buah hati selamat.



BACA JUGA: Bikin Kaget, Foto 2 Siswi Tunggu Jemputan Orang Tuanya Ini Jadi Viral

Namun yang perlu anda ketahui, pengalaman pada anak pertama tentu akan berbeda dengan yang kedua, mulai dari proses kehamilan, melahirkan dan mengurusnya setelah lahir.

Lantas, apa saja yang nanti akan terjadi ketika anak kedua lahir? Dikutip dari ruangmuslimah, hal yang paling pertama adalah fokus ibu terbagi antara anak pertama dan kedua, karena mau tidak mau ibu akan menghabiskan waktu dengan sang buah hati yang baru lahir.

Kesulitan akan mengurusi dua anak yang jarak kelahirannya tidak begitu jauh memang akan orangtua rasakan. Lantas bagaimana solusinya? Cobalah untuk melibatkan keduanya, misalnya sang kakak turut mengasuh adiknya bersama ibu.

Secara langsung perhatian ibu kepada anak pertama tetap konsisten. Sehingga disana sang anak tidak akan merasa kekurangan perhatian walaupun ada anak kedua.

Jadi, walaupun orangtua sudah memiliki pengalaman menghadapi bayi pertama, tetap saja kesulitan akan dirasakan. Contohnya dari segi emosi, dengan bertambahnya anggota keluarga, bertambah pula kebutuhan dan tenaga yang diperlukan.

Sehingga penyesuaian terhadap kelahiran bayi kedua akan dimulai kembali dari awal, karena pasti sifat dari bayi kedua akan berbeda dengan yang pertama. Menjadi orang tua memang tidak mudah, terutama bagi ibu. Oleh karena itu perlu kekompakan anatara kedua pihak untuk mengurus dan membesarkan buah hati tercinta.
Top