Mari Lakukan Amalan Ini 3 Menit, Ganjarannya Sama Dengan Sedekah 100 Kuda Perang

Agama islam tidak hanya berlaku pada zaman Rasulullah saja dan selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman para umatnya. Terbukti jika dulu umat muslim bisa bersedekah kuda perang, kini kita sudah tidak bisa menyedekahkannya. Meski begitu, Allah SWT pasti sudah menyediakan gantinya dengan ganjaran dan pahala yang sama.



BACA JUGA: 'Model' Pengajaran Baru Lengkap dengan 8 Jam Belajar di Sekolah, Membuat Siswa Lebih Tertekan?

Ada sebuah amalan yang pahalanya sama dengan menyedekahkan 100 kuda perang. Amalan tersebut ternyata hanya butuh waktu 3 menit saja, dimana dan kapan saja. namun jarang sekali umat muslim mengamalkannya. Mungkin masih belum tahu keutamaannya.

Yap, amalan itu adalah berdzikir. Terdapat hadits yang menjelaskan keutamaan berdzikir yang bila dilakukan, pahalanya setara dengan sedekah 100 kuda perang.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan alhamdulillah 100 kali, sebelum terbit matahari di pagi hari, dan sebelum tenggelam matahari di sore hari, pahalanya seperti orang bersedekah 100 kuda perang fii sabilillah.”

Jika dihitung secara waktu, maka 100 ucapan Alhamdulillah tidak sampai 3 menit. Sementara pahalanya begitu sangat besar jika diuangkan. Karenanya ucapkanlah dzikir hamdalah setiap pagi hari setelah subuh dan ketika matahari tenggelam sekitar setelah ashar sebelum maghrib setiap harinya.

Bahkan bila perlu berdzikirlah sebanyak yang kita mampu karena Allah pun menganjurkan yang demikian. “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Ahzab: 41).

Akan tetapi, lakukan amalan ini dengan ikhlas tanpa ada rasa riya, sehingga amalan kita tidak sia-sia di hadapan Allah Ta’ala.
Top