Manusia Tidak Akan Pernah Lepas Dari 3 Waktu Paling Berharga Ini

Waktu adalah harta kita di dunia yang paling berharga. Tiada satu orang pun yang bisa menggantikannya dan tidak akan bisa terulang kembali. Oleh karenanya, jangan sampai waktu berharga kita terisi oleh hal-hal yang tidak baik agar tidak menyesal dikemudian hari.



BACA JUGA: Manusia Itu Bukan Tempat Hidayah, Kita Sebenarnya Pemberi Peringatan dari Allah

Sebagaimana manusia yang hidup di dunia, pasti tidak akan pernah terlepas dari 3 waktu yang paling berharga ini. Dan semoga saja kita bisa melewati 3 waktu tersebut dengan ridho Allah SWT.

1. Ketika manusia Dilahirkan

Ketika manusia dilahirkan maka ia akan menghadapi dunia luar yang asing dan menakutkan bagi dirinya. Sewaktu manusia berada dalam rahim ibunya ia merasa aman dari segala macam bahaya dari luar. Karena rahim merupakan tempat yang kokoh dan memberikan perlindungan yang kuat dari goncangan dan benturan dari luar.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“Kemudian Kami letakkan dia dalam tempat yang kokoh (rahim), sampai waktu yang ditentukan, lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kami-lah sebaik-baik yang menentukan”. [QS. Al Mursalat 21-23]

Tidak hanya ditempatkan di tempat yang kokoh sang janin pun tidak perlu merisaukan masalah makanan, ia mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen dari ibu yang di transfer lewat plasenta. Namun ketika manusia dilahirkan segala keamanan dan kenyamanan terputus. Ia sudah harus menggunakan paru-parunya untuk menghirup oksigen pertama kalinya. Ia juga sudah tidak mendapatkan suplay makanan otomatis lagi dan harus memperjuangkan terlebih dahulu dengan cara mencari Air Susu Ibu.

2. Ketika Diwafatkan

Waktu kedua yang menakutkan bagi manusia adalah ketika diwafatkan. Kita tidak bisa menghindari waktu datangnya kematian. Saat manusia di wafatkan ia akan menyebrang ke alam lain yang sama sekali asing baginya. Untuk sampai ke alam tersebut manusia harus melewati pintu gerbang yang menakutkan yakni sakaratul maut.

Bahkan Rasulullah Shallallahu’alai wa sallam juga pernah bersabda bahwa sakaratul maut itu sangat mengerikan hingga mata orang yang di cabut matanya terbelalak ke atas mengikuti ke mana arah ruhnya di cabut.

3. Ketika Dibangkitkan Di Padang Mahsyar

Waktu ke tiga yang menakutkan bagi manusia adalah ketika manusia di bangkitkan di padang mahsyar. Ketika malaikat isrofil meniup sangkakala kembali manusia yang telah mati akan kembali dihidupkan. Mereka keluar dari kubur dengan cepat dan segera bergegas menuju Rabbnya untuk menjalani pengadilan amal.

Manusia dibangkitkan sesuai dengan keadaan mereka sama seperti mereka meninggal dunia. Pada hari itu banyak wajah-wajah yang tertutup debu dan ditutup lagi dengan kegelapan. Ia tidak bisa mengajukan bantahanya kepada Allah Subhanahuwata’ala karena yang berbicara adalah anggota tubuhnya sendiri. Kemudian amal-amal mereka akan di hitung dan ditimbang kemudian akan di balas dengan balasan yang setimpal.
Top