Manusia Itu Bukan Tempat Hidayah, Kita Sebenarnya Pemberi Peringatan dari Allah

Allah SWT berfirman, “Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang berirman.” (Q.S Adz-Dzaariyat:55). Dari sini kita dapat menyimpulkan jika manusia itu merupakan pemberi peringatan terhadap orang lain.



BACA JUGA: Naudzubillah, Surat Al-Maidah Ayat 51-57 'Dihapus' Dari Al-Quran Ini. Perhatikan Punya Anda..

Oleh sebab itu, jadilah diri kita masuk kedalam kategori takdzir. Dan sesempurnanya takdzir seseorang adalah mengingatkan kebaikan dan kemaslahatan dalam setiap syariat dan mudharat yang mampu menyesatkan kita dan orang disekitar kita.

Nah, disinilah kita sebagai umat muslim yang beriman, yakni merespon dengan positif setiap teguran dan peringatan yang kita dapat.

Dalam ayat di atas, Allah swt mempostkan bahwa peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman. Keimanan, rasa takut (khosyyah), ketundukan dan mengikuti ridha Allah yang mereka miliki mewajibkan mereka untuk dapat mengambil manfaat setiap teguran, nasehat dan peringatan. Ayat ini sekaligus memberikan pemahaman betapa bahayanya orang yang tidak terpengaruh dan tidak mengambil manfaat dari peringatan. Sebab, dikhawatirkan hal ini menafikan keimanannya. Sungguh kerugian dan malapetaka besar ketika seseorang mengklaim beriman, tetapi tidak dianggap beriman karena tidak mau mengambil pelajaran dari setiap peringatan.

Hal ini dipertegas oleh Allah swt dalam ayat yang lain, “Maka berikanlah peringatan jika peringatan itu bermanfaat. Orang yang takut akan dapat mengambil pelajaran, sementara orang yang celaka akan menjauhinya”(QS Al A’la [85]: 9:10).

Sementara orang yang tidak memiliki iman dan tidak memiliki kesiapan untuk menerima peringatan, maka tidak ada manfaatnya memberikan peringatan kepadanya. Ia seperti tanah yang teramat tandus dan gersang yang tidak terpengaruh oleh air hujan sederas apapun.

Semoga kita sekeluarga selalu mampu memelihara dan mempertahankan kualitas keimanan kita dengan selalu merespon positif setiap nasehat, teguran dan peringatan dari manapun. Dengan memberi peringatan, Insya Allah peringatan tersebut akan berubah menjadi hidayah orang bagi orang yang diperingati.
Top