Lancar Puasa Ramadhan di Usia Senja, Kata Siapa Tak Bisa? Ini Tipsnya!


Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim menjalankan kewajibannya yaitu berpuasa . Lalu bagaimana hukum puasa  ramadhan bagi lansia ? apakah orang tua atau lansia yang sangat renta memiliki keringanan dalam menjalankan puasa ramadhan seperti halnya para wanita yang sedang hamil dan menyusui?

Hukum Puasa Ramadhan Bagi Orang Lansia adalah boleh untuk tidak menjalankan puasa ramadhan, dan wajib membayar fidyah. Fidyah , yaitu memberi makan kepada orang miskin selama jumlah hari tidak berpuasa. Ukuran fidyah yaitu satu sho’ bahan pokok seperti kurma, gandum, beras dan bahan pokok lainnya. Akan tetapi para lansia juga tetap diperbolehkan lho jika ingin melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan baik.

Ulasan terkait : Karena Sebelum Perkara Ini Datang, Sudahkah Perkara Lain Kau Selesaikan Sekarang?

Siapa bilang para lansia tidak kuat untuk melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadhan nanti? Mereka bisa melaksanakan puasa asal dibarengi dengan niatan baik dan ber-mindset sanggup berpuasa. Bukan hanya dukungan dari dalam diri lansia, namun tidak kalah penting juga harus ada dorongan dari orang-orang sekitarnya.

Spesialis Penyakit Dalam dr Edy Rizal Fauzi SpPd K-GER FINASM membeberkan kiat-kiat sederhana yang membuat lansia mau berpuasa di bulan Ramadan. Sebagaimana dilansir dari laman Okezone.

Nah, seperti apa kiat dan tips jitu untuk mereka yang ingin menunaikan ibadah puasa namun telah mneginjak usia senja? Ikuti ulasan berikut yuk.

1. Jangan ragu puasa


Setiap lansia harus yakin bahwa Anda bisa berpuasa di bulan Ramadan. Jangan ragu untuk memupuk niat dan semangat dalam diri, serta jangan mengikuti emosi diri yang menggagalkan puasa Anda.

2. Menghilangkan rasa kurang nafsu makan


Setiap lansia pasti akan mengalami kekurangan nafsu makan karena kondisi tubuhnya. Karena itu, jangan biarkan lansia tidak makan di saat berbuka puasa atau sahur.

3. Hindari tidur setelah sahur


Agar tidak menjadi obesitas, sebaiknya setelah sahur Anda bisa melakukan aktivitas fisik. Dijamin cara ini tak membatalkan puasa Anda siang hari. Karena tubuh terus terasa bugar saat tidak terlalu berlebihan tidur.

4. Cegah dehidrasi


Selama berpuasa lansia juga harus mencegah dehidrasi. Saat buka puasa dan sahur perbanyak minum air putih. Cukupi kebutuhan minum sama seperti hari biasa minimal delapan gelas. Jika dehidrasi terjadi, tubuh akan semakin lemas dan batal puasa.

5. Buka puasa dengan kurma


Nabi Muhammad menganjurkan setiap umatnya untuk membatalkan puasa dengan tiga buah kurma setiap hari. Ternyata ini ada manfaatnya lho, selain rasanya manis, kalori dari kurma juga dapat mengganjal perut sebelum makan berat. Kurma juga mengandung kalium dan magnesium yang menyehatkan.


Ulasan terkait : Banyak Surga Bagi Para Wanita dan Mudah Pula Mendapatkannya! Apa Dirimu Sadar Salah Satunya?

6. Konsultasi dokter


Sebelum menjalankan puasa, ada baiknya lansia konsultasi dengan dokter. Perhatikan sarannya agar puasa tetap lancar. Puasa boleh dilakukan bagi lansia yang tak memiliki masalah kesehatan yang fatal dan menurunkan sistem kekebalan tubuhnya.

Nah, sudah siap untuk berpuasa dan meraih kemenangan bersama?
Top