7 Kalimat Penyesalan yang Diabadikan Ketika Hari Kiamat


Hari kiamat atau hari akhir merupakan hari dimana manusia akan meyesal. Sebab semua kesempatan akan ditutup dan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Dalam Al-Qur'an banyak terdapat kalimat-kalimat penyesalan yang diabadaikan. Kalimat tersebut diucapkan oleh golongan orang-orang yang celaka di hari akhir kelak. Allah Maha Melihat segala penyesalan saat engkau menyaksikan azab di neraka. Dikutip dari Islamidia, sekalipun kau berusaha menyembunyikannya, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersirahat dalam hati hamba-Nya.  Lantas, apa sajakah kalimat-kalimat penyesalan yang dimaksud ?

 1. Surah Al-Furqan  ayat 27


kumpulanmisteri.com

 وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَىٰ يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا

 Artinya : "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang zalim menggigit dua jarinya, (menyesali perbuatannya) seraya berkata, "Wahai! Sekiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama Rasul."

Kalimat penyesalan tersebut diucapkan oleh  oleh orang-orang zalim yang menyesal. Karena semasa hidupnya ia tak mengambil jalan, tidak mentaati, dan menjauhi ajaran Rasulullah SAW.

 2. Surah AL-Furqan ayat 28


 يَا وَيْلَتَىٰ لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا

 Artinya : "Wahai, celakalah aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku)"

Kalimat penyesalan ini diucapkan oleh orang-orang yang tidak menjadikan seseorang sebagai temannya. Seseorang yang dimaksud adalah orang-orang shaleh dan senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhkan dirinya dari hal yang dilarang Allah SWT.


 3. Surah Al-Haqqah ayat 25


hidayatullah.com

 وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُولُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوتَ كِتَابِيَهْ


Artinya: Dan adapun orang yang kitabnya diberikan ditangan kirinya, maka dia berkata, "Alangkah baiknya jika kitabku (ini) tidak diberikan kepadaku."

Kalimat penyesalan ini diucapkan oleh orang-orang yang menerima catatan amalnya ditangan kiri. Sebab bila diberikan ditangan kiri, hal tersebut pertanda bahwa ia termasuk dalam golongan orang-orang celakan yang menerima azab dari Allah SWT.


 4. Surah An-Naba ayat 40


artimimpiku.com

 إِنَّا أَنْذَرْنَاكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنْظُرُ الْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَا لَيْتَنِي كُنْتُ تُرَابًا


Artinya : Sesungguhnya kami telah memperingatkan kepadamu (orang kafir) azab yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya, dan orang kafir berkata, "Alangkah baiknya  seandainya dahulu aku jadi tanah."

Kalimat penyesalan ini diucapkan orang-orang kafir saat Allah SWT memperlihatkan kepadanya apa yang telah diperbuat  oleh kedua tangannya. Dengan menjadi tanah, ia tak mungkin melakukan hal-hal buruk seperti yang dilakukan saat itu.

 5. Surah Al- Fajr  ayat 24


kompasiana.com

 يَقُولُ يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي

 Artinya: "Alangkah baiknya sekiranya dahulu aku mengerjakan (kebajikan) untuk hidupku ini."

Kalimat ini diucapkan oleh orang-orang yang semasa hidupnya suka berbuat keburukan. Semua waktunya digunakan untuk hal yag sia-sia dan tidak melakukan kebaikan.

 6. Surah Al-An'am ayat 27


suaraislam.com

 وَلَوْ تَرَىٰ إِذْ وُقِفُوا عَلَى النَّارِ فَقَالُوا يَا لَيْتَنَا نُرَدُّ وَلَا نُكَذِّبَ بِآيَاتِ رَبِّنَا وَنَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ


Artinya: "Dan seandainya emgkau (Muhammad) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka, mereka berkata, "Seandainya kami dikembalikan (ke dunia) tentu kami tidak akan mendustakan ayat-ayat Tuhan kami serta menjadi orang-orang yang beriman."

Kalimat ini diucapkan oleh orang-orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Allah SWT. Sebenarnya mereka mengetahui kebbenarannya, namun enggan untuk mengakuinya dan meninggalkan ajaran Allah SWT.

7. Surat Al-Ahzab ayat 66


bulandolar.com

يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولَا

Artinya : "Pada hari(ketika) wajah mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata, "Wahai, kiranya dahulu kami taat kepada Allah dan taat (pula) kepada Rasul."

Kalimat ini diucapkan oleh orang-orang yang semasa hidupnya melalaikan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Sebenarnya mereka mengetahui kebenarannya, namun enggan untuk mentaati perintah Allah SWT.

Itulah kalimat-kalimat penyesalan yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Sebesar apapun penyesalan yang diungkapkan, tidak akan mampu merubah keadaan d hari kiamat. Oleh karena itu, selagi kita masih diberi  kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi, marilah kita berjuang untuk melakukan kebaikan sebagai bekal dihari akhir sebelum datang hari penyesalan.

Top