Ketahuilah, 4 Ciri Utama Penghalang Malaikat Rahmat Masuk Ke dalam Rumah

Komentar

Dalam syariat islam Malaikat mengunjungi beberapa tempat yang  menjadi kesukaannya termasuk rumah, Tetapi bukan sembarang rumah yang didatanginya ada beberapa tempat yang tidak bisa didatangi oleh malaikat.

“Sesungguhnya malaikat (rahmat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar” sabda Abu Thalhah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Seperti yang disebutkan diatas terdapat 5 ciri utama penghalang malaikat masuk kedalam rumah berikut ulasannya.

BACA JUGA: Jangan Sampai Cuma Omong Doang, Yuk Coba Syukuri Nikmat Allah dengan Doa Ini!

Terdapat Anjing di dalam Rumah

Di mana ada anjing, disitulah malaikat enggan untuk mendatanginya. Tetapi berbeda jika anjing ini digunakan oleh pemiliknya untuk pejagaan, pertanian , atau berburu maka hal ini tidak menjadi persoalaan . Malaikat rahmat pun tidak akan mendampingi suatu kaum yang terdiri atas orang-orang yang berteman dengan anjing.

Abu Haurairah Radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) : “ Malaikat tidak akan menemani kelompok manusia yang di tengah-tengah mereka terdapat anjing”. [Hadits Riwayat Muslim]

Imam Nawawi mengomentari hadist tersebut: "Hadist  di atas  memberikan petunjuk bahwa  membawa anjing dan lonceng pada  perjalanan merupakan perbuatan ang dibenci dan malaikat tidak menemani perjalanan mereka. Sedangkan yang dimaksud dengan malaikat  adalah malaikat rahmat (yang suka memintakan ampun) bukan malaikat hafazhah  yang mencatat amal manusia." [Lihat Syarah Shahih Muslim 14/94]

Terdapat Patung di dalamnya

Semua rumah yang terdapat patung di dalamnya  tidak akan didatangi malaikat, terutama  patung yang memiliki kepala, baik itu manusia maupun hewan.
Muhammad bersabda (yang  artinya) : "Malaikat tidak akan memasuki yang di dalamnya terdapat anjing dan juga tidak memasuki  rumah yang di dalamnya terdapat gambar (patung)" (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu majah).

Rumah yang di dalamnya Terdapat Kaum Muslim yang Menodongkan Senjata Pada Sesama Muslim

Yang dimaksud senjata di sini adalah bukan menyimpan senjata, tetapi senjata yang digunakan untuk menodong atau mengancam sesama muslim di rumahnya tersebut, maka malaikat tidak akan mendatangi rumah itu.

Rasulullah SAW. bersabda (yang artinya): " Barangsiapa mengarahkan (mengancam) saudaranya (muslim) dengan benda besi (pisau misalnya), maka orang itu dilaknat oleh malaikat, sekalipun orang itu adalah saudara kandungnya sendiri." (HR Muslim).

Rumah yang Berbau Tidak Sedap atau Busuk

Jika ada rumah yang berbau busuk maka rumah tersebut Tidak akan didatangi oleh malaikat melainkan didatangi oleh setan maka dari itu apabila kita memiliki rumah sebaiknya setiap hari dibersihkan dengan wewangian, misalnya pengharum ruangan, pembersih lantai dan buang sesegera mungkin apabila ada bangkai atau benda lain yang berbau busuk di dalam rumah misalnya bangkai tikus/ kecoa.

BACA JUGA : Viral! Sajadah dan Mukena yang Tiba-tiba Tegak Berdiri Seperti Orang Sholat

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri rumah yang tidak dikunjungi oleh malaikat rahmat adalah terdapat anjing, terdapat patung didalamnya, Terdapat kaum muslimah yang menodongkan senjatanya kepada kaum muslimah yang lain dan juga  berbau tidak sedap ataupun busuk.

Dari penjelasan diatas bukan berarti menakut nakuti melainkan memberikan pengetahuan agar malaikat suka dengan rumah kita semoga informasi ini dapat berguna dan juga bermanfaat.
Top