Kenali Dampak Buruk Terlalu Sering Menguncir Rambut yang Sering Diabaikan


Mengikat rambut memang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang yang memiliki rambut panjang, selain untuk menata rambut, cara ini bisa membuat tampilanmu lebih rapi. Kebiasaan mengikat rambut ini  juga dapat mempermudah aktifitasmu seperti saat memerlukan banyak gerakan misalnya saat berolahraga, dengan begitu kegiatan mu tersebut tidak akan terganggu oleh rambutmu.

BACA JUGA : Ini Bahayanya Simpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

Tapi sadarkah kamu jika terelalu sering mengikat rambut juga berdampak buruk? Jika kamu hampir setiap hari mengikat rambutmu perhatikan dampak buruk dibawah ini.

1. Rambut Kering Serta Pecah-pecah

Hal ini dapat terjadi ketika Anda sering sekali mengikat rambut pada waktu yang lama, sehingga folikel rambut menjadi tegang. Hal tersebut menyebabkan rambut akan terlihat kering dan pecah-pecah.

2. Rambut Akan Rontok

Selain membuat rambut kering serta pecah-pecah, mengikat rambut juga akan membuat rambut menjadi rontok. Hal ini dikarenakan keadaan rambut yang tertarik bersama dengan karet rambut. Secara tidak langsung akan ada banyak rambut rontok bersama dengan karet rambut tersebut.

3. Menyebabkan Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Kamu sering merasa kulit kepalamu gatal? Jika tidak kutuan maka penyebab gatal kulit kepalamu tersebut disebabkan oleh terlalu sering mengikat rambutmu. Folikel rambut yang tertarik saat proses menguncir menimbulkan rasa gatal, sehingga tidak heran jika kamu mengalaminya.

4. Mengganggu Saraf dan Menyebabkan Pusing

Hal ini dapat terjadi karena rambut adalah bagian dari kita yang menempel langsung pada kulit kepala. Pasti kalian pernah kan mengalami ikatan atau jepitan rambut yang terlalu kencang dan membuat kalian merasa tidak nyaman? Nah, jangan diabaikan ya!

5. Menghambat Pertumbuhan Rambut

Mengikat rambut selain menyebabkan kerontokan juga akan menghambat pertumbuhan rambut. Hal ini tentu akan berpotensi menyebabkan kebotakan. Dengan demikian,  hentikan kebiasaan mengikat rambut sebelum rambut kita menjadi rusak dan botak.

BACA JUGA : Lebih Efektif Mana Antara Siwak dengan Sikat Gigi?

Jika kamu merasakan dampak diatas maka kamu terkena efek buruk teralu sering mengikat rambut,
untuk mengembalikan rambutmu seperti semula kamu bisa melakukan hal hal ini yaitu : Jangan mengikat rambut saat basah, Jangan mengikat  rambut ketika tidur, Renggangkan ikatan rambutmu, dan juga ubah model  kuncirmu. Dengan begitu kamu dapat mengembalikan keadaan rambutmu seperti semula. Demikian ulasan tentang Dampak buruk mengikat rambut semoga bermanfaat.
Top