Karena Rezekimu Sudah Dijamin Oleh-Nya, Maka Jalani Saja dan Berusahalah

Komentar

Hidup di dunia ini memang sangatlah rumit dan penuh dengan perjuangan. Lantas apa yang manusia kehendaki saat hidup di dunia ini? Pastilah opsi pertama yang ada di dalam benak kita semua adalah kebahagiaan, yang mana entah itu bisa ditempuh dengan cepat ataupun masih membutuhkan waktu yang lama, jelasnya adalah manusia akan berlomba-lomba berusaha hingga hal tersebut tercapai.

Artikel pilihan : Jangan Asal, Pahami Besaran Nafkah yang Hendak Engkau Berikan Kepada Istrimu!

Oleh karena itulah selain kita berusaha, ada baiknya untuk kita berdoa dan berharap Allah SWT mengabulkan apa yang kita inginkan demi kebaikan kita di dunia dan akhirat kelak. Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah Allah, Dzat Yang Maha Menciptakan langit dan bumi beserta segala apa yang ada di antaranya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt. berfirman, “Jika Allah menimpakan sesuatu kemadhorotan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus [10] : 107).

Saudaraku, sebagian dari kita mungkin sering merasa khawatir dalam urusan rezeki. Khawatir tidak bisa makan esok hari, khawatir tidak bisa menafkahi anak dan istri, khawatir kehilangan pekerjaan, dan berbagai kekhawatiran lainnya yang berkaitan dengan rezeki.

Padahal urusan rezeki termasuk kepada jaminan Allah Swt. Setiap seorang bayi lahir ke dunia, dia lahir sudah satu paket dengan rezekinya. Bahkan bayi ini sudah mendapatkan rezeki yang cukup meskipun ia belum mempunyai ilmu, pengalaman apalagi ijazah. Semua ada dalam jaminan Allah Swt.

Yang terpenting yang perlu kita lakukan adalah menjalani hidup ini dengan ikhtiar yang sesuai dengan rambu-rambu yang Allah tetapkan dan Rasulullah Saw. ajarkan. Lakukanlah yang terbaik yang Allah sukai, maksimalkan ikhtiar, kemudian berserah diri kepada Allah. Dan, yakinlah bahwa Allah paling mengetahui apa yang kita butuhkan dan hanya Allah pula yang Maha Kuasa mencukupi kebutuhan kita. Perlu juga kita tafakuri bahwa sesungguhnya rezeki Allah tidaklah hanya berupa harta, namun masih banyak bentuk lainnya yang selama ini terus kita nikmati.


Artikel pilihan : Awalnya Praktek Nikah di Sekolah, Eh Sekarang Malah Jadi Sah! Kebayang Gak Sih?

Ingat pula ketika rezeki bukan hanya untuk ditunggu dengan berdoa dan berusaha saja, namun kejarlah apa yang memang seharusnya pantas untuk diperjuangkan. Katakan kepada mereka yang menyayangimu bahwa dirimu sungguh-sungguh ingin membahagiakan mereka, dan carilah jalan untuk meniti jalannya rezekimu itu.

Rezeki tak akan salah alamat dan jelas sudah pasti akan sampai pada dirimu. Hanya saja, berikan alamat yang jelas kepada nafkah tersebut dengan banyak-banyak berdoa dan bersedekah, niscaya Allah SWT akan menambahkan nikmat kepada mereka yang selalu punya cara untuk membahagiakan orang lain.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang pandai mensyukuri rezeki-Nya. Karena inilah yang terpenting dalam urusan rezeki. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.
Top