Karena Rasulullah Menganjurkan Hal Ini Jika Kita Bertemu Dajjal!


Dajjal, makhluk yang Allah SWT ciptakan sebagai salah satu tanda akan kiamat sudah semakin dekat, dimana Dajjal diyakini merupakan seorang manusia yang sudah hidup sejak zaman nabi Ibrahim dan karena Allah menangguhkan ajalnya (seperti halnya Iblis) ia tetap masih hidup hingga saat ini, dipenjarakan di sebuah tempat yang masih menjadi misteri.

Dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa asal usul dajjal adalah seorang keturunan Yahudi. Ia lahir dari orang tua yang postur tubuhnya tinggi gemuk dengan hidung sangat mancung menyerupai paruh burung. Secara lebih lengkap, Imam Al Barzanji juga pernah menyebut jika asal usul moyang dajjal adalah seorang dukun Yahudi (Syaqq) yang kawin dengan wanita dari keturunan jin.

Ulasan terkait : Jangan Mengatakan Nanti-nanti, Nikahi Aku dan Ayo Kita Berjuang Bersama!

Keberadaan dan kemunculan makhluk bermata satu ini diimani oleh umat Islam. Namun tidak ada yang mengetahui pasti di mana keberadaannya kini, serta kapan Dajjal akan keluar dari persembunyiannya. Namun Nabi Muhammad SAW sudah mengabarkan tanda-tanda alam saat Dajjal akan muncul dan membuat kerusakan di bumi.

Dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah, sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, berapa lama Dajjal tinggal di bumi?”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Empat puluh hari.”

Dengan hitungan lamanya: satu hari pertama dari empat puluh hari itu setara dengan satu tahun, satu hari berikutnya (hari kedua) setara dengan satu bulan, satu hari berikutnya (hari ketiga) setara dengan satu pekan (tujuh hari), dan hari-hari berikutnya seperti satu hari biasa.

Dari riwayat ini, jika dijumlahkan, maka Dajjal akan tinggal sekitar 1 tahun, 2 bulan, dan 14 hari. Wallahu A’lam.

Dalam riwayat yang sama, Dajjal akan memberikan kemakmuran kepada orang yang beriman kepadanya dan menimpakan kekeringan, kesengsaraan kepada kaum yang menolaknya. Tentunya, ini semua atas izin Allah Ta’ala, sebab Dajjal tak punya kuasa sedikit pun.

Selain itu, Dajjal akan unjuk kuasa dan kekuatan. Disebutkan dalam Riwayat Imam Muslim, “Maka keluarlah harta simpanannya, dan mengikutinya seperti sekelompok lebah jantan.


Ulasan terkait : Banyak Muslimah Pasrah, Padahal Ini Kiat Agar Kulit Tetap Sehat Saat Ramadhan!

Kemudian, “Dajjal memanggil pemuda bertubuh gempal dan membunuhnya dengan pedang seraya memotongnya menjadi dua bagian. Pemuda itu pun dijadikan sasaran latihan lemparan. Setelah itu, Dajjal memanggilnya dan ia pun datang (dihidupkan atas Kuasa Allah Ta’ala, sebab Dajjal amat lemah) dengan wajah berseri-seri dan tersenyum.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, “Bukan Dajjal yang paling Aku takuti terhadap kalian. Jika ia keluar sedangkan Aku bersama kalian, Aku pasti akan membela kalian. Dan jika ia keluar sedangkan Aku tidak berada di antara kalian, maka setiap orang (harus) membela dirinya sendiri dan Allah Ta’ala adalah khalifah-ku (pengganti, pelindung) atas setiap Muslim.

Wasiat beliau kepada umatnya, “Barang siapa di antara kalian yang mendapatkannya (berjumpa dengannya), maka bacalah pembukaan (permulaan) surat al-Kahfi.

Ya Allah, lindungilah kami dari fitnah Dajjal yang begitu dahsyat dan jadikanlah kami hamba yang mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan bekal iman yang kokoh.
Top