Jika Suami Dapat Istri yang Tidak Cantik, Apa yang Harus Dilakukan?

Menikah bukan hanya mengucap ijab kabul saja, tapi makna penting didalmnya harus terlaksana. Makna itu adalah mengikat dua insan dalam janji suci untuk menjalani hidup bersama. Dengan tujuan yang sama, yaitu demi mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.



BACA JUGA:  Buktikan Cinta Bukan Soal Rupa, Lihat Pria Pilihan Gadis Cantik Ini

Rasa cinta awal menikah dengan yang sudah bertahun-tahun menikah pasti sudah beda. Bahkan bisa saja salah satu pihak merasa tidak nyaman hingga mengharuskan mereka untuk berpisah. Salah satu penyebab utamanya adalah pasangannya sudah tidak menarik lagi. Keluhan seperti ini banyak terjadi pada suami terhadap istrinya.

Untuk mengatasi hal semacam ini, maka harus ada beberapa hal yang harus dipikirkan baik-baik oleh suami. Jika suami menginginkan untuk menikah lagi, karena rasa bosan terhadap istrinya, yang menurutnya sudah tak nampak cantik lagi, maka boleh-boleh saja jika Anda melakukan cerai. Mengapa?

Karena bisa saja, jika anda tetap bertahan, mungki rasa ‘bosan’ itu akan menimbulkan dosa lain, seperti selingkuh dan malah akan membuat istri lebih sakit hati lagi. Namun, jika Anda memiliki kemampuan ekonomi yang cukup baik, maka hal yang teringan bagi wanita ialah melakukan poligami. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak.

Hanya saja, jika Anda melakukan hal ini, dan memilih untuk menikah lagi dengan wanita yang menurut Anda lebih cantik, maka boleh jadi ada suatu hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Bisa saja wanita itu bersikap angkuh atau tidak sopan, atau ia berlaku buruk kepada Anda atau mungkin kepada keluarga Anda. Jika sudah demikian, apa yang akan Anda lakukan?

Hal terbaik yang Anda dapat lakukan, dan hal ini perlu Anda pikirkan secara matang, berusahalah untuk melihat masalah ini dari sisi yang lain. Sehingga, barangkali Anda akan banyak menemukan sisi-sisi positif dari istri Anda. Sebab, ketahuilah bahwa kecantikan bukanlah segalanya.

Anda dapat melihat suatu hal yang manjadi daya tarik atau sisi positif sang istri dengan banyak bergaul dengannya. Dengan seringnya bergaul, maka rupa itu akan terkalahkan. Karena seiring dengan berjalannya waktu Anda akan terbiasa dengan sebuah rupa, dan tinggalah pergaulan yang menjadi ukuran.

Allah SWT berfirman, “Karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak,” (QS. An-Nisa: 19).

Jadi, jangan dulu Anda memvonis bahwa Anda sudah tidak menyukai istri Anda. Tapi, pikirkanlah dahulu tentang suatu hal yang lain. Boleh jadi, ada kelebihan yang dimiliki oleh sang istri yang tidak dimiliki oleh wanita lain. Ingatlah pula wasiat dari Nabi Muhammad SAW bahwa, “Pilihlah wanita yang memiliki agama niscaya kamu akan beruntung,” (HR. al-Bukhari)
Top