Jangan Hanya Dinafkahi, Tapi Begini Harusnya Istri Diperlakukan! Suami Wajib Tahu

Komentar
Lelaki yang diciptakan kuat dari wanita, mewajibkannya untuk melindungi dan menjaga wanita. selain fisiknya yang lemah, hati wanita juga begitu lembut. Jadi selain melindungi, seorang lelaki haruslah memperlakukannya selayaknya.



BACA JUGA: Ketika Shalat Aurat Terlihat Sedikit, Apa Batal Shalatnya?

Jangan sampai karena perbuatan seorang lelaki, bisa membuat hati wanita sakit hingga akhirnya membangkang kepada kaum lelaki, apalagi yang sudah menjadi suami istri. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh setiap suami saat memperlakukan istrinya.

1.Berbicara yang baik dan menjaga kebijaksanaan

Sabda Rasulullah, “Berpesan baiklah kamu terhadap perempuan, sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk. Dan paling bengkok adalah bagian atas. Oleh karena itu, apabila kamu paksa untuk meluruskannya, maka akan hancurlah dia, dan apabila kamu mebiarkannya, maka akan bengkoklah ia selama-lamanya. Oleh karena itu berpesan baiklah pada perempuan. (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, “Sseungguhnya perempuan diciptakan dari tulang rusuk, tidak ada jalan bagimu untuk meluruskannya. Jika ingin bersenang-sena dengannya saja kamu akan merasa puas, tetapi ia masih tetap bengkok. Jika kamu paksa untuk diluruskan, berarti kamu menghancurkannya, dan hancurnya berarti perceraian. Jadi, menghadapi perempuan harus tetap bijaksana, agar tetap menjadi baik.” (HR Muslim)

2. Tidak diperbolehkan memperlakukan perempuan sesuka hati

Sabda Rasulullah, “Salah satu di antara kalian ada yang sengaja memarahi istrinya bahkan memukul bagaikan budaknya, lalu pada malam harinya mungkin ia bersetubuh dengannya.” (HR Bukhai dan Muslim)

3. Tidak diperbolehkan memarahinya karena tidak menyukai apa yang ada pada dirinya

“Janganlah seorang laki-laki mukmin memarahi seorang perempuan mukmin! Apabila tidak suka terhadap salah satu perangaiinya, maka masih ada perangai lain yang menyenangkan.” (HR Muslim)

4. Penuhilah hak-haknya

“Ingatlah, berpesan baiklah terhadap istri-istri kalian. Ssungguhnya mereka memerlukan perlindunganmu. Sedikitpun kamu tidak boleh berbuat kejam terhadap mereka, kecuali mereka telah nyata melakukan kejahatan. Jika mereka melakukan kejahatan, janganlah kamu menemani mereka di dalam tidur. dan pukulah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Bila mereka telah taat, Janganlah kalian berlaku keras terhadap mereka. Ingatlah! Ssungguhnya kalian mempunyai haka atas istrimu, dan istrimu juga mempunyai hak pada diri kalian. Hak kamu atas ,mereka, yaitu tidak boleh memasukan orang yang tidak kamu sukai ke dalam kamarmu dan tidak mengizinkan orang yang tidak kamu sukai masuk ke dalam rumahmu. Ingatlah, hak mereka atas kamu adalah kamu bergaul dengan cara yang baik, terutama dalam memberikann pakaian dan makanan.” (HR Tirmidzi)
Top