Jangan Durhaka! Beginilah Penderitaan Ibu Saat Mengandungmu


Apakah anda tahu mengapa rasulullah meningkatkan derajat seorang ibu diatas ayah 3 kali lipat? Karena seorang ayah mungkin tidak bisa melakukan 3 hal ini yang dilakukan oleh ibu yaitu hamil, melahirkan, dan menyusui.

Terkadang dengan rasa tak bersalah kamu membentak ibumu, mengabaikan perkataannya, mengabaikan apa yang dimintanya, bahkan sampai menyakiti hatinya. Apakah kamu tau bagaimana penderitaan yang ia alami saat mengandungmu hingga merawatmu sampai sekarang? Simak dibawah ini.

BACA JUGA : "Suamiku, Aku Malu Jika Harus Meminta, Meskipun itu Hak-ku"

1. Sakit Punggung dan Panggul

Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan meregang seiring dengan pertumbuhan janin yang dikandungnya. Semakin membesarnya janin dalam kandungan, hal ini menimbulkan tekanan dan
ketegangan di punggung bagian bawah dan panggul. Biasanya punggung akan merasa lebih sakit pada malam hari. Ditambah lagi, peran dari hormon kehamilan yang melonggarkan sendi dan ligamen pada tulang panggul dan tulang belakang. Hal ini akan mengakibatkan rasa sakit saat berjalan, duduk dalam waktu yang lama, atau mengangkat beban yang berat.

Hormon relaksin yang diproduksi tubuh ibu demi menjaga janin dari benturan dengan tulang yang
keras telah memengaruhi seluruh kondisi tubuhnya, mulai dari sakit sendi hingga sakit punggung. Subhanallah, betapa besar pengorbanan seorang ibu, ya.

2. Dada Terasa Panas dan Sesak Napas

Pada trimester ketiga, tubuh ibu hamil melakukan adaptasi yang luar biasa. Janin terus berkembang sehingga menekan diafragma dan posisinya naik sekitar 4 cm. Otomatis kapasitas paru-paru akan berkurang dikarenakan tekanan dari rahim yang membesar. Kondisi ini dapat mengakibatkan sesak nafas pada saat mengandung.

3. Perubahan pada Peredaran Darah, Khususnya di Kaki

Hal ini disebabkan kandungan yang semakin membesar akan menekan pembuluh darah, terutama peredaran pada kaki. Terlebih ketika ia duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama akan memperparah keadaan ini. Peredaran darah yang terganggu inilah yang menyebabkan kelelahan pada kaki ibu yang sedang berjuang mengandung buah hatinya. Jadi, untuk para suami dan anak, jangan mengeluh ketika istri/ibu yang sedang hamil minta dipijit kakinya. Ia sedang mengandung dan dalam keadaan yang kepayahan. Apa salahnya meluangkan waktu sejenak untuk memijat kakinya yang pegal?

4.Nyeri Sendi saat Hamil

Kepala bayi di dalam rahim terletak tepat di atas tulang panggul yang keras. Posisi ini rentan bagi keselamatan bayi.

Alhamdulillah, tubuh ibu hamil menghasilkan hormon relaksin yang dapat melemaskan tulang rawan yang menyatukan tulang keras. Relaksin mengendurkan simfisis pubis, tulang rawan yang terletak pada tulang kemaluan di depan kandung kemih. Relaksin diproduksi 10 kali lipat di atas normal selama kehamilan dan mempengaruhi semua sendi di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan beberapa wanita mengalami nyeri sendi selama hamil.

5.Indra Penciuman Menjadi Sangat Sensitif

Ketika seorang wanita hamil, secara tiba-tiba indra penciumannya menjadi sangat sensitif. Jangankan bau sampah, segala hal tiba-tiba bisa menjadi sumber bau, mulai dari bau badan orang lain, bau ruangan, bau masakan, bau asap kendaraan, bau rokok, maupun bau lainnya. Efek dari mencium bau yang menusuk ini adalah ibu hamil akan merasa pusing, mual, dan muntah-muntah. Tentu keadaan ini sangatlah menyiksa dan tidak nyaman.

Meningkatnya sensitivitas pada indra penciuman merupakan efek dari hormon estrogen dan HCG.
Sensitivitas indra penciuman ini biasanya berlangsung pada trimester awal. Jadi, untuk para suami, jangan tersinggung ya waktu sang istri yang sedang hamil tidak mau dekat-dekat karena merasa tidak nyaman dengan bau badan abi. Buatlah lingkungan rumah menjadi senyaman mungkin untuknya.

6.Merasa Mual

Pada tiga bulan pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami mual-mual yang berpengaruh
kepada turunnya nafsu makan. Dan biasanya pula, gejala ini sering muncul pada pagi hari, makanya disebut morning sickness. Tapi biarpun disebut morning sickness, mual-mual ini kadang bisa juga berlangsung seharian. Para ibu hamil menjadi sangat sulit untuk membangkitkan nafsu makannya, dan kalaupun akhirnya mereka bisa melahap makanan, mereka bisa memuntahkannya kembali. Durasi mual-mual ini bervariasi pada setiap ibu hamil. Ada yang mengalaminya selama 3 bulan kehamilan, ada yang 5 sampai 6 bulan, bahkan ada juga yang mengalaminya selama 9 bulan kehamilan.

7.Mengalami Masalah Buang Air Kecil

Pergi ke kamar mandi berkali-kali jelas merupakan bagian kehamilan. Penyebabnya adalah tekanan rahim terhadap kandung kemih, yang membatasi kemampuan kandung kemih untuk diisi air seni.

Tekanan ini terutama terjadi pada trimester pertama ketika rahim tumbuh sepenuhnya di dalam pelvis, dan dalam timester ketiga, ketika rahim cukup besar. Hal ini menyebabkan ibu hamil sering mengalami buang air kecil.

Bayangkan, di usia kehamilan trimester 3, seorang wanita hamil yang baru saja keluar dari kamar mandi untuk buang air kecil, bisa saja langsung merasa ingin buang air kecil lagi tepat ketika keluar dari pintu kamar mandi. Sebuah kondisi yang tentu saja tidak mengenakkan.

8.Persalinan

Persalinan merupakan rangkaian kejadian yang berakibat keluarnya bayi dari rahim. Di awali dengan berbagai tanda, termasuk nyeri di perut atau punggung, pecahnya air ketuban, dan keluarnya lendir kental yang mungkin mengandung darah. Betapa beratnya seorang ibu hamil menjalani hari-harinya, mengemban tanggung jawab menjaga dan memelihara janin di dalam kandungan. Apalagi bila harus menyambi bekerja, dan melakukan perjalanan. Kita sudah seharusnya membantu perjuangan mereka menjalani masa kehamilannya. Jadi tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak memprioritaskan ibu hamil dimanapun.

BACA JUGA : Wanita Harus Tahu Doa Ini, Guna Lindungi Diri dari Kejahatan Setan Berwujud Pria!

Dan masih banyak llagi penderitaan seorang ibu ketika mengandung, bukan hanya mengandung saja seoang ibu juga harus melehirkan menyusui dan merawatmu. Hargailah perjuangan seorang ibu, sekian artikel ini terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.
Top