Hal-Hal yang Dilakukan Oleh Rasulullah Saat Menjelang Sahur

Komentar

Banyak berkah dalam makan sahur

Ketika puasa Ramadhan hal yang akan selalu dirindukan adalah saat buka dan sahur. Meskipun buka puasa adalah hal yang ditunggu-tunggu, namun sahur tak kalah menarik.

Makan sahur saat puasa di bulan Ramadhan adalah termasuk ibadah sunnah, disamping bermanfaat secara jasmani untuk memberikan asupan gizi untuk persiapan puasa pada siang harinya, dengan sahur Allah menurunkan berkah yang sangat luar biasa di dalamnya. Oleh karenanya usahakan jangan sampai terlewatkan untuk Ibadah yang satu ini.

Untuk meningkatkan kualitas sahur kita, sangat dianjurkan untuk melakukan hal-hal seperti yang dilakukan oleh Rasulullah saat beliau akan makan sahur. Persiapan apa saja yang harus kita lakukan agar sahur kita seperti Rasulullah saat menjelang sahur?

Baca Juga: Ini Efeknya Jika Kita Rutin Membaca Al-Qur’an Usai Subuh dan Maghrib. MasyaAllah

1. Jika Anda bangun tidur maka hapuslah bekas tidur di wajah Anda dengan tangan, sebagaimana disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Apabila beliau bangun tidur, beliau duduk menghapus bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

2. Berdoalah dengan mengucap:
“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah sebelumnya mematikan kami, dan kepada-Nya dikembalikan.” (HR. Bukhari)

3. Bersiwaklah, atau gosoklah gigi Anda. Sebagaimana disunnahkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwasanya, “Apabila bangun tidur malam beliau membersihkan mulutnya dengan siwak.” (Muttafaqun ‘Alaih)

4. Lakukan istinsyar (memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkan kembali) sebanyak tiga kali. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah ber-istinsyar tiga kali. Sesungguhnya syetan bermalam di pangkal hidungnya.” (Mutafaqun ‘Alaih)

5. Mencuci tangan tiga kali, sebagaimana disabdakan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Apabila salah seorang dari kalian bagun dari tidurnya maka janganlah mencelupkan tangannya ke dalam bejana (tempat air) sampai dia mencucinya tiga kali.” (Mutafaqun ‘Alaih)

6. Kemudian berwudhu dan lantunkan dua kalimat syahadat setelah selesai wudhu dengan mengucapkan, “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata,tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Mengucapkan kalimat syahadat memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkannya (kalimat syahadat) dibukakan untuknya delapan pintu surga, memasukinya lewat pintu mana dia mau.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Anda Harus Tahu, Kenapa Saat Shalat Dzuhur dan Ashar Bacaannya Tak Dikeraskan

7. Shalatlah dua rakaat setelah wudhu. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhu saya ini, kemudian shalat dua rakaat dan dia tidak melamun dalam shalatnya, maka pastilah Allah mengampuni dosanya yang telah lalu – dalam dalam riwayat lain – wajib baginya mendapatkan surga.” (HR.Muslim)

MasyaAllah, ternyata banyak sekali berkah dan pahala yang dapat kita gali hanya saat satu moment, yaitu makan sahur. Semoga bermanfaat.
Top