Cak Budi telah Menjual Fortuner dan Donasi Rp 1,7 Mliyar telah Disalurkan


Diolah dari instagram.com

Aktivis sosial yang dikenal sebagai Cak Budi akhirnya menyalurkan semua donasi sebesar Rp1,7 miliar ke lembaga amal setelah dicerca dengan tudingan menyalahgunakan sumbangan untuk membeli mobil dan ponsel mewah.

Cak Budi yang banyak mengunggah kegiatannya di media sosial ini, diketahui membeli iPhone dan mobil Fortuner dengan menggunakan uang donasi yang diberikan para donatur untuk membantu orang-orang yang kurang mampu.

Hal ini terungkap awal pekan ini setelah sebuah akun Instagram mengatakan bahwa aktivis sosial itu sering mentrasfer donasi ke rekening pribadi.

Mengutip bbc.com, Cak Budi, yang mempunyai nama asli Budi Nur Ikhsan ini mengatakan bahwa pembelian itu dilakukan untuk menunjang kegiatan amal yang dilakukan di berbagai tempat yang sulit dijangkau, dan tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

"Tapi kenapa harus iPhone 7 dan Fortuner?" tanya satu pengguna Instagram dengan geram. "Harusnya Anda malu," kata yang lain. "Sebagai seorang yang peduli pada fakir miskin, Anda membeli barang mewah."

Berbagai komentar juga mengajak pengguna media sosial untuk menyalurkan donasinya ke lembaga amal saja, bukan ke individu agar penyaluran dana lebih transparan.

Baca Juga: Sultan Ternate Marah Besar dengan Aksi Duo Serigala, Ini Siksaan Bila Melihat Dangdut Vulgar

Tidak dikelola baik

Setelah dihujani banyak kritikan, Cak Budi dalam akun Instagramnya (@cakbudi_) mengatakan telah menjual mobil Fortuner dan menyalurkan seluruh donasi ke lembaga amal Aksi Cepat Tanggap dengan total Rp1,7 milyar.

Uang itu mencakup donasi netizen yang diterima melalui rekening pribadi sebesar Rp560 juta, penyaluran dana lewat situs kitabisa.com Rp814 juta, dan hasil penjualan mobil Rp400 juta.

Dia juga meminta maaf karena 'telah mengecewakan banyak pihak.'

Kepada BBC Indonesia Lina Yusi Anggrawati, istri Cak Budi yang ikut membantu aktvitas sosialnya mengakui bahwa segala pencatatan donasi tidak dilakukan dengan rapi.

"Sangat disayangkan, saya sebagai ibu rumah tangga memang agak kesulitan mencatat, memang seharusnya ada yang mengelola," katanya saat ditanya jumlah total warga yang dibantu dan uang yang telah disalurkan.

Lina mengatakan mobil Fortuner selalu digunakan suaminya untuk akvititas sosial dan tidak pernah digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Ada banyak informasi datang ke kita (dari akun Instagram), tentang orang yang butuh bantuan di Malang, Kediri, dan kota lain. Jadi dia sering pergi, dua hari pulang, besoknya pergi lagi. Sekali jalan bisa bertemu 10 orang untuk memberi donasi."

Untuk sumbangan, Lina mengatakan Cak Budi bisa memberi sekitar Rp2-3 juta per orang sesuai kebutuhan dan sekitar Rp10-15 juta untuk bedah rumah.

"Ada yang bilang kita beli dua Fortuner, itu tidak benar. Kita punya mobil Innova tetapi kemudian ada kebutuhan untuk keperluan (penyaluran) donasi," tambahnya.

Baca Juga: Beli Fortuner dari Hasil Sumbangan Donatur, Cak Budi Minta Maaf

Ribuan komentar di akun instagram Cak Budi begitu berjubel, seperti pada postingan Cak Budi yang satu ini


mydaisy.hijab Rezeki bukan cuma harta tapi kok anda ternyata serakah ya cak rezeki orang lain anda tilep semua :( anda pas ngasih donasi ke nenek2 kaum dhuafa nangis2 air mata buaya eh apa emang beneran nangis? Nangis gara2 uang donasinya berkurang karna disumbangin ya? :(((

dian_ayup Bagi kami... ketemu orang yg sok baik itu lebih serem dr pd ketemu setan...

aliryansamudra @cakbudi_ sepuromu ndek media blm tentu iso ngademno atine jutaan menungso sing wes kenal smpean...kelakuanmu iki ngelarani nemen cak..terutama aku sebagai umat muslim..koen wes gawe elek agomo..tolong tnggung jawab ojok mek sepuro!!

shashsss1112 Iblis berwujud manusia sita semua aset ini orang πŸ‘ΏπŸ‘ΏπŸ‘ΏπŸ‘Ώ

holierthanyours Mohon ampun sama gusti Allah cak, minta maaf sama mbah2 yg secara tidak langsung sudah kamu dzolimi. Akuilah cak kalau kau memang doyan duit jangan alesan ga bisa memanage dana yg masuk, jangan buat orang2 semakin muak sama sikap ga gentle mu. Hadapi konsekuensinya, kan udah puas beli foruner ama ipun 7. Udah keliling endonesia,nginep di hotel2 mewaah. Sekarang saatnya kamu tebus semua kesalahan mu cak. Semoga kamu bisa jadi lebih baik lagi cak.

rindikacaturutami Lidah sama perbuatan beda

luckyoeiyoyoy.. rezeki yang baik itu mnurut dia sedekah dari orang orang yang bisa jadi fortuner.. iphone 7.. rumah mewah.. parah..

luckyoeingasih donasinya sedikit.. yang dia makan sendiri banyak.. cak cak..

vinyells Ini nih fortunernya? Adem cak? Tp neraka panas cak

herabudy Sabar ya cak budy, semakin anda di bully, di tertawakan dan di fitnah , semakin dosa and a berkurang

hilda.mawarni ada yg bilang semakin banyak yg benci semakin dosa kita berkurang???? what??? beda dong antara di benci krn org sirik dng di benci KARNA KESALAHAN NYA SENDIRI .. HATI2 LO

hilda.mawarni emg si dmn2 mana emg pasti ada org yg g suka ke kita.. tp klu org itu g suka ke kita krn kesalahan kita(makan uang amanah) bedaa lah... ini bkn coba an.. tp ini balasan dr tuhan

tsan_zaen Untung ketahuan.. Coba kalau ndak ketahuan...wkkkk pasti gg bakalan dijual tuch fortuner wkwkkkkk

ade_iraa @herabudy mba coba piknik ke akun @thenewbikingregetan deh fitnah apaan maksudnya ?

fikryelhanief Horang kayah sekarang mah, maling duit donasi,udah ketauan mah bilang khilap. Maling kotak amal masjid aja digebukin masuk penjara,maling dana amal (donasi) sampe kebeli 2 portuner + ipin 7 harusnya diapain ya @cakbudi_

a_ahmadzaki Bener banget cak, yg penting #orangbaik ,(asalkan donatur sehat bisa cari rezeki.. udah itu aja) Rezeki mana lagi yg kau dustakan cakkkk.....πŸ˜†

rudiferdiyansah10 Malu sama fortuner πŸ˜‚

kamabeans Fortuner nich

zazawaywilliams Ciye biasa bawa truk sekarang ngerasain bawa fortuner.. Bosen hidup susah.. Jadi pake jln pintas!

adee_biyleh Uang amanat di salah gunakan yaaa .. !!

xxna0495 Maling

Meskipun ada salah satu pihak yang mungkin khilaf menyalahkan gunakan uang sumbangan, jangan pernah menyurutkan kita untuk membantu orang lain yang kurang mampu. Bisa dengan menyalurkan kepada lembaga yang credible atau juga bisa dengan tangan kita langsung.
Top