Bunda Tak Usah Risau, Ini Lho 4 Kegiatan Seru untuk Ngabuburit Si Kecil Ramadhan Nanti!


Termasuk orang tua yang sedang mencari aktivitas bermanfaat untuk si kecil selama Ramadhan? Anda tidak sendiri. Momen Ramadhan telah menjalarkan semangat ke rumah-rumah kaum muslimin. Nah, bagaimana memanfaatkan masa sebulan Ramadhan yang perlu berkah ini? Salah satunya mungkin ialah mendampingi buah hati untuk menjalankan puasa di tahun ini.

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti anda bisa terus menerus bermalas-malasan. Karena tidak mengenal usia, selama tidak terlalu memberatkan maka berpuasa kita tetap diharuskan untuk beraktivitas sebagaimana biasanya. Kita sebagai orang tua pun sudah selayaknya untuk memberikan pendidikan dan pengajaran mengenai apa saja yang layak untuk dilakukan oleh anak selama berpuasa.

Artikel pilihan : Sahur Bukan Hanya Sebagai Persiapan Puasa, Ini Berkah yang Mungkin Tak Kau Sadari!

Kegiatan Tepat yang Bisa Dilakukan Anak saat Puasa Ramadan


Ada banyak kegiatan yang dapat menjadi tambahan amal ibadah selama berpuasa di bulan puasa Ramadhan. Karena itu, ajari anak anda mengenai kegiatan baik yang dapat menambah pahala berpuasa. Berikut diantaranya:

1. Shalat Wajib


Shalat adalah kewajiban bagi setiap muslim. Karena itu di bulan puasa ini anda bisa ajarkan mengenai shalat. Beri tahu anak bahwa puasanya akan sia-sia bila ia tak menunaikan shalat wajib lima waktu.

2. Berolahraga


Tidak ada salahnya bila anda mengajak anak untuk sekadar berjalan santai atau jogging kecil setelah sahur. Karena dengan berolahraga akan menjaga tubuh anak tetap bugar di kala berpuasa.

3. Membaca al-Quran dan Memaknai Artinya


Meski terlihat sederhana, namun ada banyak pahala yang bisa didapatkan dari kegiatan membaca kitab suci Alquran. Isi waktu anak untuk membaca Alquran dan memaknai artinya ketika berpuasa.


Artikel pilihan : Lancar Puasa Ramadhan di Usia Senja, Kata Siapa Tak Bisa? Ini Tipsnya!

4. Membaca Buku Ensiklopedia Islam


Memberikan buku ensiklopedia Islam akan membuat anak jadi semakin mencintai agamanya. Ini bisa dilakukan di siang hari atau pun sore menjelang berbuka.

Itulah secuplik rencana kegiatan yang bisa diaplikasikan di rumah bersama si buah hati selama bulan Ramadhan. Semoga bulan ini menjadi waktu bagi kita untuk menempa diri, agar lebih baik pada bulan-bulan setelahnya. Ramadhan, bulan mulia yang penuh berkah.
Top