Bukti Nyata Janji Allah, Rajin Sedekah Orang-Orang ini Jadi Manusia Terkaya di Dunia

Komentar

CEO Facebook, Mark Zuckerberg via sheleadsafrica.org

“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah berfirman dalam banyak Surat di Al Qur'an, pun demikian dalam Surat Al Baqarah tentang utamanya sedekah. Salah satunya ada pada ayat 261,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Lebih jelasnya melalui tafsir Quraish Shihab berikut,
Orang yang mengeluarkan hartanya untuk ketaatan dan kebaikan akan memperoleh pahala berlipat ganda dari Allah. Perumpamaan keadaanya seperti orang yang menabur sebutir benih unggul di tanah. Dari benih tersebut tumbuh pohon kecil yang terdiri atas tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji.

Inilah gambaran betapa banyaknya pahala berinfak yang diberikan Allah di dunia. Allah melipatgandakan pemberian-Nya untuk orang yang dikehendaki-Nya. Dia Mahaluas karunia, Maha Mengetahui orang yang berhak dan yang tidak berhak.

Hingga hari ini banyak orang-orang dermawan yang hidupnya makin kaya dengan bersedekah. Tak hanya berlaku untuk muslim, karena Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin.

Meskipun tujuan kita bersedekah bukan untuk kekayaan, namun Allah akan memberikan imbalan itu di dunia bagi mereka yang Dia kehendaki.

Bisa kita lihat para miliarder dunia. Sebut saja Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang dikenal sebagai miliarder yang dermawan.

Baca Juga: Postingan Facebook Gadis ini Viral, Gara-Gara Kritik Status IG Ustad Felix

Bill Gates

Bill Gates rajin menyumbangkan kekayaannya untuk amal. Namun duitnya seakan tak ada habisnya, malah terus bertambah dengan angka lebih dari seribu triliun rupiah.


Bill Gates via startupbisnis.com

Majalah Forbes yang baru saja merilis Daftar Orang Terkaya Dunia 2017, Selasa (21/3/2017), kembali menempatkan sang pendiri Microsoft, sebagai orang terkaya dunia. Sudah empat tahun berturut-turut Gates memegang posisi ini dengan harta USD 86 miliar atau sekitar Rp 1.103 triliun (kurs Rp 13.300 per dolar AS).

Pada posisi terkaya dunia kedua ada pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dengan harta USD 75,6 miliar (Rp 1.005 triliun). Warga Amerika Serikat (AS) mendominasi posisi 10 besar orang terkaya sejagat, rata-rata bergerak di industri teknologi.

Mereka antara lain pendiri Amazon, Jeff Bezos, di urutan ketiga. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan pendiri Oracle, Larry Ellison, di urutan kelima dan ketujuh. Miliuner lain yang masuk posisi 10 besar antara lain Amancio Ortega si pemilik merek Zara dari Spanyol di posisi keempat, serta taipan telekomunikasi Meksiko Carlos Slim di urutan keenam.

Kemudian, ada juga dua bersaudara Koch, Charles dan David di urutan kedelapan dan kesembilan. Terakhir, ada mantan Wali Kota New York pendiri Bloomberg News, Michael Bloomberg yang bertengger di urutan kesepuluh.

Kunci Bill Gates selain rajin bekerja adalah Rajin Beramal

Bill Gates telah mengumpulkan kekayaan sedemikian banyak. Namun demikian, ia mengaku tak mata duitan dan di masa lalu tak pernah membayangkan jadi orang terkaya. Malah dalam sebuah wawancara, Gates pernah mengira pasti aneh rasanya menjadi miliuner.

"Aku tak mengawali semua dengan impian untuk jadi super kaya. Bahkan setelah kami mulai mendirikan Microsoft dan orang-orang di Intel adalah para miliuner, kurasa menjadi orang kaya adalah hal yang cukup aneh," kata dia.

Nasib baik akhirnya melontarkannya jadi orang terkenal dan berlimpah uang. Tapi itu tak membuatnya jumawa. Melalui yayasan amal terbesar di dunia yang ia dirikan bersama istri, Bill & Melinda Gates Foundation, dia berjanji akan menyumbangkan sebagian besar hartanya.

"Mayoritas besar dari kekayaan itu, lebih dari 95%, akan diserahkan ke yayasan, yang akan menghabiskan semua uang itu sampai 20 tahun setelah kami berdua sudah tidak ada lagi di sini," kata Gates dikutip dari Telegraph.

Saat ini, Bill diketahui sudah mengucurkan lebih dari USD 30 miliar ke yayasannya itu. Dan sisanya akan diberikan secara bertahap, disalurkan untuk memberantas penyakit dan kemiskinan.

"Tentu saja aku sudah memenuhi kebutuhanku terkait makanan dan pakaian. Uang tidak ada manfaatnya bagiku sampai titik tertentu. Manfaatnya adalah untuk membangun organisasi dan menyalurkannya untuk kaum termiskin di dunia ini," ujarnya.

Bill memang sudah hidup sangat nyaman dengan kekayaannya sampai mungkin tidak tahu lagi akan dihabiskan untuk apa. Rumahnya saja harganya ratusan juta dolar. Maka ia punya ambisi untuk membantu mereka yang menderita.

"Aku dan istriku sudah berdiskusi panjang tentang bagaimana kami akan mengelola kekayaan yang kami miliki dan memberikannya kembali dalam cara yang paling berdampak bagi dunia. Kami fokus membantu mereka yang termiskin, di antaranya dengan vaksinasi," paparnya.

Baca Juga: Hukum Meng-Aqiqah-i Anak atau Orang Tua yang Sudah Meninggal

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menyumbangkan 99 persen saham Facebook mereka senilai US$ 45 atau Rp 623,1 triliun (kurs: Rp 13.848 per dolar AS) melalui organisasi amal yang didirikannya Chan Zuckerberg Initiative.

Organisasi tersebut akan fokus pada penanganan kesehatan dan pendidikan. Zuckerberg berencana mempertahankan posisi suara terbanyak di Facebook ke depan. Dia akan menyumbangkan tak lebih dari US$ 1 miliar saham setiap tahun selama tiga tahun ke depan.

Keputusan ini bersamaan dengan pengumuman lahirnya kelahiran bayi perempuan mereka yang bernama Max.

Pasangan Zuckerberg dan Chan meluncurkan organisasi amal ini untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan semua anak, seperti dilansir dari, londonlovebusiness.com, Kamis, (03/12/2015) dalam sebuah surat kepada putrinya, Zuckerberg menulis:

"Mempromosikan kesetaraan adalah untuk memastikan semua orang memiliki akses ke kesempatan ini - terlepas dari bangsa, keluarga atau keadaan mereka dilahirkan. Masyarakat kita harus melakukan ini tidak hanya untuk keadilan atau amal, tetapi untuk kemajuan manusia," tulis Zuckerberg di akun Facebook miliknya, Rabu (2/12/2015).

Pendiri Facebook ini tercatat mengantongi kekayaan US$ 46,9 miliar atau Rp 649,5 triliun. Menurut data dari Forbes, Mark Zurckerberg masuk daftar pengusaha di bawah 40 tahun terkaya Amerika Serikat dan peringkat ke-7 dalam daftar orng terkaya dunia versi majalah Forbes tahun 2015.

Hingga saat ini kita tahu facebook semakin besar, apalagi Instagram dan WhatsApp yang telah dibeli kini juga menjadi Media Sosial yang begitu digandrungi.

Dia secara sukarela mengurangi gajinya satu tahun yang lalu sebesar US$ 503.205 atau Rp 6,9 juta.

Tahun lalu Mark dilaporkan memiliki empat pulau di Hawaii, 700 hektare tanah di pantai utara yang meliputi pantai pasir putih, perkebunan tebu dan pertanian organik.

Pada 2011 Mark membeli rumah seharga US$ 7 miliar atau Rp 96,9 triliun di Oaki Alto California dan dia menghabiskan US$ 30 miliar atau Rp 415,5 triliun untuk membeli empat rumah di sebelah rumahnya.

Semoga kita dapat meniru kebaikan mereka, dan meninggalkan yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa yang mengajak (seseorang) kepada petunjuk (kebaikan), maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.”(HR. Muslim)

Mari akhi, ukhti, kita niatkan untuk lebih lagi rajin dalam bersedekah. Karena janji Allah itu nyata, untuk orang-orang yang dikehendaki.
Top