Bom Panci, Dugaan Ledakan di Terminal Kampung Melayu Menurut Polisi

Komentar

Ledakan di dekat terminal Kp Melayu diduga bom bunuh diri, mengakibatkan kerusakan di Halte Busway Terminal Kampung Melayu, Rabu malam. Foto: Twitter @TMCPoldaMetro

Usai menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di Terminal Kampung Melayu, Jakarta yang berlangsung Rabu (24/5/2017). Polisi belum bisa memastikan daya ledak bom tersebut. Akan tetapi, bom ini diduga berbentuk mirip bom panci.


Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menjelaskan pihaknya belum bisa mengidentifikasikan jenis peledak. Polisi masih perlu menganalisa lebih jauh sebelum menentukan bom tersebut berdaya ledak rendah atau tinggi. Akan tetapi, berdasarkan temuan saat olah TKP, diduga bom tersebut berbentuk bom panci.

“Bahan peledak belum tapi kalau serpihan-serpihan ini hampir sama dengan yang di Bandung. Jadi bom panci,” ujar Setyo di Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (25/4/2017) dini hari, melansir Islampos.

Indikasi tersebut tidak hanya berdasarkan serpihan. Polisi menemukan struk atau bukti pembelian tanggal 22 Mei 2017. Benda itu ditemukan di salah satu kantung diduga pelaku. Struk pembelian panci dikeluarkan dari salah satu minimarket di daerah Padalarang. Sayang, Setyo enggan merinci pelaku mana yang mengantongi struk tersebut.

“Di sekitar situ,” kata Setyo.

Baca Juga: Ngeri, Selain "Main" Benda-Benda ini Ditemukan Polisi saat Penggerebekan Pesta Gay

Polisi pun belum bisa menentukan motif maupun jaringan penyerang. Mereka perlu mencari tahu lebih lanjut tentang penyerangan. Mereka hanya bisa memastikan bahwa pelaku diduga hanya dua orang berjenis kelamin laki-laki. Hal itu terlihat dari luka jenazah yang ditemukan di lapangan.

“Dari olah TKP dan diduga memang dari lukanya jenazah tercerai berai. Patut diduga dari ledakan yang cukup kuat,” kata Setyo.

Jumlah korban dalam teror dipastikan sebanyak 15 orang, 2 orang diduga pelaku, 3 anggota polri gugur dalam tugas, sebanyak 5 anggota polri dan 5 warga sipil luka-luka. Ketiga anggota yang meninggal adalah Bripda Taufan, Bripda ridho, dan Bripda adinata. Ia tidak merinci kesatuan mana, tetapi anggota tersebut satuan Polda Metro Jaya.

Seperti diketahui, Kampung Melayu diguncang bom pada Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 21.00 WIB. Ledakan terjadi sebanyak 2 kali, dengan jeda sekitar 5 menit antara bom pertama dan kedua. []
Top