Bila Anda Ibu Hamil yang Memaksa Berpuasa, Ketahui Hal ini!

Komentar


Ilustrasi calon bayi via klikkabar

Puasa Ramadhan sama halnya seperti shalat 5 waktu yang hukumnya wajib. Namanya wajib, pasti haram jika ditinggalkan. Namun Islam juga tidak membebankan ibadah itu diluar kemampuan umatnya yang memang benar-benar tidak sanggup.

Dan berikut orang-orang yang tidak wajib melakukan ibadah puasa. Tapi wajib menggantinya dengan fidyah ataupun di lain waktu luar bulan Ramadhan. Baca: Orang-Orang Seperti ini Wajib Bayar Fidyah Puasa Ramadhan

Ibu hamil adalah salah satu kriteria orang yang mendapat keringanan untuk tidak melakukan puasa, tetapi bisa menggantinya dengan fidyah. Tapi bila anda seorang Ibu hamil yang memaksakan untuk melakukan ibadah wajib ini karena dirasa mampu dan calon bayi juga dalam kondisi yang sehat.

Baca Juga: Jangan Pandang Rendah Mereka yang Bercerai, Mereka Hanya Ingin Mencari Kebahagiaanya

Ada tipsnya biar bayi dan Anda semakin sehat.

Mengutip Tribun Style, spesialis obstetrik dan gynekologi dari Bamed Women’s Clinic, Jakarta, dr. Riyan Hari Kurniawan, Sp.OG menjelaskan bahwa ibu hamil boleh saja melakukan ibadah puasa.

Meskipun demikian, harus ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar kesehatan ibu dan janin yang dikandung tak terganggu.

“Ada syarat yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Yaitu, tetap memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan,” jelasnya.

Ada tiga zat tenaga yang harus tetap dipenuhi oleh para ibu hamil saat berpuasa, yaitu zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

“Ibu hamil membutuhkan 2500 kkal setiap harinya, 50 persennya karbohidrat, 30 persen protein, dan 20 persen lemak,” jelasnya lebih lanjut.

Kemudian, ibu hamil juga membutuhkan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang meningkat selama masa kehamilan.

Lalu, yang harus perlu diingat adalah 3 nutrisi penting yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil.

Jangan lupa penuhi asupan 3 nutrisi penting, yaitu asam folat, kalsium, dan zat besi,” tuturnya.

Meskipun berpuasa, ibu hamil tetap harus memenuhi asupan ketiga nutrisi tersebut, dari saat sahur dan ketika berbuka puasa

Nah, tinggal cari saja makanan apa saja yang karbohidrat, protein dan lemah. Mudah bukan, masalah nutrisi sekarang ini banyak sekali produk-produk yang bagus untuk ibu hamil bila anda ingin praktis. Bisa konsultasi ke dokter aja ya bu, atau mungkin ada tetangga, saudara yang telah menkonsumsi nutrisi tertentu bisa jadi referensi pula.
Top