Berani Meninggalkan Puasa? Berarti Anda Rela Melepas Hal-hal Ini...

Komentar

Ada banyak keutamaan puasa yang perlu diketahui umat muslim, khususnya umat muslim yang belum tahu dan masih tahap belajar mendekat kepada Allah SWT.

Bagi yang belum tahu keutamaan berpuasa bisa saja berpuasa hanya untuk ikut-ikutan saja, yang membuatnya kadang jadi berani dengan sengaja meninggalkan puasa, terutama puasa yang wajib.

Bagi orang yang sudah mengetahui keutamaan-keutamaan puasa, pastinya tidak akan berani meninggalkan puasa dengan sengaja, kecuali jika sedang berhalangan. Jika puasa wajib, seseorang muslim diwajibkan untuk mengganti di hari lain sebanyak puasa wajib yang ia tinggalkan. Berikut ada beberapa keutamaan yang perlu diketahui agar kita umat muslim semakin semangat dan iklas dalam berpuasa karena Allah SWT.

Puasa Salah Satu Jalan Menjadi Orang yang Taqwa

Salah satu keutamaan puasa adalah puasa jalan meraih taqwa Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah SWT melalui Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 183 yaitu:

BACA JUGA : Apa yang Terjadi Pada Tubuh Selama Berpuasa?

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (QS. 2:183).

Puasa akan Menjadi Jalan Pengampunan Dosa

Keutamaan puasa lainnya adalah orang yang berpuasa akan mendapatkan ampunan dosa yang telah diperbuat pada masa lalunya. Hal ini sesuai dengan hadits dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah bersabda:

"Barang siapa yang berpuasa karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Pintu Surga bagi Orang yang Berpuasa

Keutamaan ini menjelaskan bahwa orang yang berpuasa akan mendapatkan pintu khusus di surga, pintu tersebut bernama Ar Rayyan. Seperti yang disampaikan dalam shahihnya riwayat Ibnu Khuzaimah, bahwa Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya dalam surga terdapat satu pintu yang disebut dengan Ar Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasuki pintu tersebu pada hari kiamat, tidak ada selain mereka yang akan memasukinya. Jika orang terakhir yang berpuasa telah msuk ke dalam pintu tersebut maka pintu tersebut akan tertutup. Barang siapa yang masuk, maka ia akan minum dan barang siapa yang minum maka ia tidak akan haus untuk selamanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Mendapatkan Waktu Do’a yang Mustajab

Disunahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a menjelang berbuka puasa. Imam Nawawi berkata,”Disunahkan bagi orang yang berpuasa berdo’a saat berpuasa dalam urusan dunia maupun akhiratnya". Selain itu ada hadits Rasulullah yang menjelaskan pula tentang hal ini. Yaitu dari Sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

"Tiga doa yang tidak ditolak, doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, dan doa seorang mufsir". ( Dishahihkan oleh Al Albani dalam silisilah shahihnya No. 596).

Di atas mengatakan bahwa ada tiga golongan orang yang do’anya tidak akan ditolak, golongan tersebut yaitu orang yang berpuasa dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari, orang yang menjadi pemimpin dan mampu berbuat adil, dan orang yang telah dizhalimi.

Keutamaan-keutamaan di atas merupakan beberapa dari banyak keutamaan orang yang berpuasa. Allah SWT sudah memerintahkan orang muslim untuk berpuasa melalui firman-firmanNya, sebagai umat muslim yang taat sudah seharusnya kita menjalankan perinta-perintah dari Allah SWT, tidak hanya memerintahkan saja, Allah SWT pun memberikan kabar-kabar gembira untuk orang yang yang taat menjalankan perintahNya.Tidak hanya lewat firman-firmanNya, dikuatkan lagi melalui hadist-hadits Rasulullah yang menjelaskan kabar-kabar gembira kepada orang-orang yang senantiasa taat menjalankan perintahNya.

Selain keutamaan-keutamaan yang Allah kabarkan, manfaat berpuasa yang Allah berikan pun bisa kita rasakan di dunia yaitu bagus untuk kesehatan.
Top