Begitu Istimewanya Sholat Dzuhur, Jangan Ditinggalkan Hanya Karena Terlalu Sibuk Bekerja



Menjalankan shalat fardhu 5 waktu adalah kewajiban setiap muslim. Jangan sampai ditinggalkan bagaimanapun keadaan kita. Seperti halnya pada siang hari saat sibuk-sibuknya bekerja, jangan sampai meninggalkan sholat dzuhur.

Tak perlu waktu lebih dari 5 menit, karena shalat dzuhur hanya 4 rakaat, dimulai pada saat tergelincirnya matahari hingga bayangan benda itu sejajar (sama panjangnya dengan benda tersebut) atau hingga masuk waktu sholat ashar.

Mengapa saat kita sibuk mencari nafkah harus dihentikan sejenak?
Tanpa melemahkan keistimewaan shalat fardhu lain, mari kita bahas begitu istimewanya shalat dzuhur.

Sesungguhnya Allah SWT telah menyimpan rahasia-rahasia, mengapa waktunya sholat tersebut sudah ditentukan sedemikian, termasuk juga dalam shalat dzuhur ini. Banyak hadist serta pendapat berdasarkan berbagai penelitian dengan melandaskan kaidah keilmuan yang membahas perihal keistimewaan dari sholat dzuhur tersebut.

Mengutip mutiarapublic.com, keutamaan dari sholat dzuhur ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh baginda Rasulullah SAW, bahwasanya pada saat waktu dzuhur tersebut, pintu langit sedang dibuka sehingga baginda Rasulullah SAW lebih senang untuk melakukan amalan-amalan saleh terutama pada waktu dzuhur. Seperti misal; kita bisa melakukan sholat sunah sebelum dan sesudah melaksanakan sholat fardhu, yakni sholat dzuhur.

Jika kita lihat dari waktu pelaksanaannya sholat dzuhur ini, dalam berbagai penelitian serta kaidah ilmu kesehatan dari negara Cina, waktu sholat dzuhur merupakan saat-saat proses dimana perbuatan dalam diri seseorang itu memuncak, yang diakibatkan dari banyaknya aktivitas pikiran dan beban pekerjaan. Oleh karena itulah, sholat dzuhur ini bisa kita jadikan sebagai relaksasi dalam mengurangi berbagai aktivitas-aktivitas yang membebani pikiran kita.

Dengan basuhan/siraman air wudhu’ pada pusat-pusat saraf dan sendi yang ada pada tubuh kita, maka kita akan merasa lebih segar dan tenang. Selain itu pula, berbagai gerakan sholat yang dikerjakan dengan baik dan benar, tentunya akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh kita serta tubuh kita akan kembali normal, sehingga kita lebih siap untuk melanjutkan berbagai aktivitas kita.

Waktu siang hari tersebut adalah merupakan waktu terberat bagi para pekerja, karena rasa lelah, lesu, letih dan rasa penat yang diakibatkan oleh beban pekerjaan, serta rasa ngantuk, dan rasa lapar di waktu siang hari.

Baca Juga: Anda Harus Tahu, Kenapa Saat Shalat Dzuhur dan Ashar Bacaannya Tak Dikeraskan

Untuk menyegarkan diri kita dari hal-hal tersebut, maka kita bisa melakukan istirahat sejenak lalu kemudian segera menyegarkan diri kita dengan cara melaksanakan sholat dzuhur. Dan yang terpenting adalah berusaha untuk mengingat mengenai keutamaan dalam melaksanakan sholat fardhu tersebut di awal waktu.

Semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua. Amin!
Top