Beginilah Sumpah Liaan yang Begitu Besar Konsekuensinya Bagi Suami Istri

Saat sudah menjadi suami istri, pasti ada saja godaan dan halangannya. Mulai dari orang syirik, datangnya seorang anak, bahkan hingga perbuatan zina yang begitu dikecam. Meski belum tahu kebenarannya, pasti ada saja rasa curiga.



BACA JUGA:  Jangan Hanya Dinafkahi, Tapi Begini Harusnya Istri Diperlakukan! Suami Wajib Tahu

Menuduh seorang perempuan berzina adalah dosa yang besar. Namun apabila tuduhan itu benar tetap dibutuhkan saksi dari perbuatan tersebut. Lantas ketika tidak ada saksi bagaimana seorangg suami dapat membuktikan perbuatan zina istri. Atau bagaimana seorang istri dapat meyakinkan suaminya bahwa ia tidak berzina.

Dikutip dari ruangmuslimah, Inilah fungsi dari Sumpah liaan, yakni sumpah yang dilakukan ketika suami menuduh sang istri melakukan zina, padahal tidak ada saksi dan juga bukti nyata. Sumpah ini harus dilakukan kedua belah pihak dengan mengucapkan “Wallahi, demi Allah” dengan mengucapkan jga tuduhannya. Kemudian ucapan tersebut diulang hingga empat kali. Dan dalam perkataan yang kelima kalinya sang suami menyatakan mengutuk dirinya bila ia dusta.

Istri juga harus mengucapkan hal serupa. Tetapi apabila ia menolak maka dapat dikatakan bahwa ia sudah berzina. Jika sang istri masih menolak maka dia harus diceraikan dan cerai tersebut bersifat abadi. Artinya keduanya tidak boleh rjuk kembali seumur hidup.

Begitu beratnya tuduhan seorang suami daripada tuduhan zina dari seorang istri. Hal ini dikarenakan seorang istri yang berzina akan berkaitan dengan anak keturunannya dan menyebabkan keraguan pada bayinya.

Kendati pun diperbolehkan resiko sumpah liaan sungguh berat. Yang terbaik adalah satu sama lain harus menjaga kehormatan masing-masing. Jangan sampai seorang istri membuat suami bersumpah liaan. Pandai-pandailah menjaga perasaan suami dan turutilah ia.
Top