Banyak yang Sujud Asal Meringkuk, Ternyata 3 Doa Ini Jangan Sampai Terlupa!

Komentar

Sujud adalah salah satu gerakan dalam shalat. Gerakan ini menyimbolkan kehambaan, kerendahan diri, dan kepasrahan kita kepada Allah SWT. Sujud dalam shalat memiliki tempat tersendiri di sisi Allah SWT, sebagaiman hadits Nabi Saw:

"Tiadalah keadaan seorang hamba yg paling disukai oleh Allah daripada Dia melihat hamba-Nya itu di dalam keadaan bersujud, dengan meletakkan mukanya di tanah"  (HR. Imam Tabrani).

Artikel pilihan : Jangan Malah Bilang Kece Mama Saat Istrimu Liar di Medsos! Situ Suami, Waras?

Sujud juga merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagaimana firman-Nya di akhir ayat (19) QS. Al-'Alaq: "Wasjud Waqtarib", yang artinya "Dan bersujudlah dan dekatkanlah dirimu kepada Allah SWT".

Dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bersabda: "Kondisi yang paling dekat seorang hamba kepada Tuhannya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah doa, hal itu patut untuk dikabulkan bagimu" (HR Ahmad, Muslim, Abu Daud dan al-Nasai).

Kedudukan khusus sujud dalam Islam juga diisyaratkan dengan dijadikannya nama masjid --yang berakar kata sajada (sujud)-- sebagai nama tempat ibadah umat Islam atau rumah Allah (baitullah). Berbicara mengenai sujud dalam shalat, ternyata bukan hanya bacaan yang setiap hari kita lafalkan lho. Ada pula beberapa doa yang jangan sampai dilupakan ketika bersujud. Doa apakah itu?

Syeikh Abdul Aziz bin Baaz (semoga Allah merahmatinya) berkata: ada 3 doa yang janganlah kau lupakan dalam sujud, yaitu;

1. Mintalah Diwafatkan Dalam Keadaan Khusnul Khotimah

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah

2. Mintalah Agar Kita Diberikan Kesempatan Taubat Sebelum Wafat

 اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat


Artikel pilihan : Jangan Sampai Cuma Omong Doang, Yuk Coba Syukuri Nikmat Allah dengan Doa Ini!

3. Mintalah Agar Hati Kita Ditetapkan Di Atas Agamanya

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu

Kemudian yang penting untuk disampaikan ialah, jika memang berniat baik denganya dan melaksanakannya dengan ketulusan hati, maka semoga menjadikan mudah urusan-urusanmu di dunia dan akhirat. Lakukanlah kebaikan walau sekecil apapun itu, karena tidaklah kau ketahui amal kebaikan apakah yang dapat menghantarkanmu ke surga Allah. Semoga Allah memberkati hidup kita. Amin ya robbal alamin.
Top