Jangan Mengeluh Istri Tak Becus Karena Baik Buruknya Istri Tergantung Pada Suaminya



Wahai suami semenjak ijab qobul kau ucapkan, dia yang kamu minta dari orangtuanya sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawabmu. Dan sebagai pemimpin Engkau harus bisa mendidik yang kau pimpin menjadi lebih baik.

Dari Ibnu Umar dari Nabi SAW bahwa baginda bersabda: ‘Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang imam yang memimpin manusia adalah pemimpin dan ia bertanggung jawab atas rakyatnya.

Seorang suami adalah pemimpin dalam mengurusi ahli keluarganya. Ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya.

Seorang isteri adalah pemimpin dalam rumah tangganya dan bertanggung jawab alas keluarganya. Seorang hamba adalah pemimpin dalam mengurus harta tuannya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Seorang laki-laki itu adalah pemimpin dalam mengurusi harta ayahnya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Jadi setiap kamu sekalian adalah pemimpin dan setiap kamu harus bertanggung jawab alas yang dipimpinnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Istri Bisa Cantik Bila Suami Berikan Jatah Untuk Berhias

Hai para suami, menafkahi istri itu hukumnya wajib. Bedakan menafkahi dan memberikan uang jajan.
“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka” (QS. An Nisa: 34).

Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
ولهنَّ عليكم رزقُهن وكسوتُهنَّ بالمعروفِ

“wajib bagi kalian (para suami) memberikan rizki (makanan) dan pakaian dengan ma’ruf kepada mereka (para istri)” (HR. Muslim 1218).

Rasulullah menganjurkan tak hanya memberikan kebutuhan pokok, tetapi juga pakaian sebagai acecories untuk menunjang kecantikan istri.

Istri Bisa Baik Bila Suami Mengajarkan Budi Pekerti

Sebagaimana firman Allah,
"Berilah peringatan kepada karib kerabatmu yang terdekat." (AQ. Asy-Syu'ara: 214).

Ayat ini menjelaskan bahwa suami wajib mengajarkan budi pekerti yang baik kepada sana saudara, apalagi istrinya. Jika salah maka berilah peringatan dan luruskan.

Istri Bisa Pintar Bila Suami Mengajarkan Ilmu yang Baik

Jangan hanya menuntut istri agar mengerti semua keinginanmu, apalagi membantumu untuk mencari nafkah. Sedangkan engkau tak pernah mengajarinya. Istrimu akan pandai jika engkau mengajarinya ilmu yang manfaat. Karena tidak semua wanita cerdas sebelum menikah.

Baca Juga: Jangan Mentang-Mentang Sudah Beri Uang Belanja, Lalu Kamu Perlakukan Istri Seenaknya!

Istri Jadi Sholeha Bila Suami Mengajarkan Agama yang Baik

Allah berfirman dalam surat Thaha dan At Tahrim sebagai berikut,

“Perintahkanlah keluargamu agar melakukan sholat.” (Thaha:132)

‘Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan ahli keluargamu dari api Neraka.” (At Tahrim : 6)

Kedua ayat diatas, sangat jelas tidak bisa dibantah lagi. Menjadi kewajiban suami membimbing istrinya menjadi wanita yang sholehah.

Jadi para suami jangan mengelak lagi, baik buruknya istri itu menjadi tanggung jawabmu sepenuhnya.

Disusun oleh Purwanto
Top