Bacaan Doa Untuk Orang yang Meninggal Dunia


fimadani.com

Syarat meninggal itu tak harus sakit atau juga tak harus tua. Kita semua akan kembali kepadaNya, namun semua manusia tidak mengetahui kapan akan meninggalkan jasadnya dan menuju alam kekal disana.

Oleh karena itu kita harus bersungguh-sungguh untuk mengumpulkan bekal perjalanan panjang kelak, yang kita mulai setelah kita meninggal dunia. Tiga hal atau perkara yang bisa menjadi bekal kita adalah Shadaqah Jarriyah, Ilmu yang bermanfaat dan Anak shalih yang mendoakannya.

Karena itu sebagai anak yang shalih tentunya harus mendoakan orangtuanya. Pun demikian kita yang masih hidup juga disarankan untuk mendoakan para ahli kubur kita yang telah mendahului kita.
Hal ini disampaikan dalam Q.S. Al Hasyr Ayat 10,

”Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin & Anshor) mereka berdoa: ‘Ya Rabb kami berikanlah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”(QS. Al Hasyr Ayat 10).

Melihat Firman Allah SWT tersebut maka bisa disimpulkan bahwa Berdoa Untuk Orang Meninggal Dunia tidaklah sia – sia karena InsyaAllah akan sampai kepada orang yang meninggal tersebut.

Dan berikut doa yang bisa diamalkan untuk ditujukan kepada Orang Tua, Saudara, Teman ataupun Orang Muslim yang sudah meninggal dunia.

Meski doa ini bisa diamalkan kapan saja, namun lebih mustajab bila dibaca setelah shalat wajib dengan membaca doa dan menyebut nama almarhum.

Baca Juga: Indonesia Bukan Ahok, Bukan Pula Habib Rizieq, Jadi Berhentilah Saling Menghina

Dibawah ini merupakan salah satu bacaan doa yang sudah dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia sehingga bisa memudahkan kita memahami maknanya.



Artinya:

"Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Doa untuk Mayat Perempuan bacaannya sama seperti diatas hanya mengganti akhiran ” hu ” menjadi ” ha”, seperti dibawah ini.



Manfaat, Keutamaan dan Kelebihan Mengirim Doa untuk Ahli Kubur
Selain mendapatkan pahala hal ini dapat meningkatkan kadar keimanan kita karena menjadi ingat atau takut akan kematian.

Semoga bermanfaat.
Top