"Ayah Bunda, 6 Ucapan Ini yang Selalu Ingin Kudengar Darimu"


Bagi kebanyakan anak- anak ucapan yang dikatakan oleh kedua orang tuanya sangat berpengaruh pada keadaan psikologisnya jika orang tua melontarkan perkataan yang baik maka akan berpengaruh baik juga kepada buah hatinya nanti. Selain itu perkataan orang tua juga akan jadi acuan untuk masa depan anaknya , Jadi penting bagi para orang tua untuk mengajarkan hal baik dan mengatakan hal hal yang baik pula walaupun sepele perkataan  seperti dibawah ini dapat membangun sifat yang baik pada buah hati anda.

BACA JUGA : 7 Bisnis Mudah Bisa Dilakoni Ibu Rumah Tangga Yang Hasilnya Cukup Untuk Kebutuhan Keluarga

1. "Ayah/bunda sayang kepadamu." 

Kalimat ini wajib diucapkan setiap hari, bahkan boleh berkali-kali. Mengatakan bahwa kamu menyayangi buah hatimu akan membuatnya merasa nyaman dan bahagia. Coba untuk biasakan mengucapkan hal hal kecil seperti ini.

2.“Jangan takut.”

Setiap anak memiliki rasa takutnya masing-masing. Takut gagal, takut kalah, takut pada binatang tertentu, takut gelap atau ketakutan-ketakutan serupa lainnya. Katakan perkataan ini kepada anak untuk membuatnya berani. Untuk membuatnya merasakan bahwa dirinya dijagai. Dengan mendengar perkataan ini keluar dari orangtuanya, anak pasti akan lebih merasa yakin untuk lebih tidak takut dibanding dengan mendengarnya dari orang lain.

3."Berbuat kesalahan itu wajar"

Berbuat kesalahan adalah bagian dari kehidupan. Karenanya, ketika anak Anda melakukan kesalahan jangan serta merta memarahinya. Namun, bimbing mereka untuk belajar dari kesalahan tersebut dan kemudian belajar untuk lebih berhati-hati agar bisa menjadi lebih baik.

4.“Kamu pasti bisa.”

Meski sepele, nyatanya banyak orangtua yang tidak pernah mengatakan hal ini pada anak mereka. Padahal, perkataan ini merupakan perkataan wajib orangtua pada anak mereka. Jika anak tidak pernah mendengar hal ini keluar dari orangtua mereka, maka anak akan mudah merasa ragu dan ciut tentang apa saja yang ingin dia raih. Tidak percaya diri pasti akan menghampiri saat anak hendak meraih sesuatu karena tidak mendapat motivasi langsung dari orangtua.

5."Ayah/ibu percaya kepadamu."

Membangun rasa percaya dengan anak-anak akan mendorong mereka menjadi pribadi yang jujur. Dengan begitu ia akan merasa banyak orang yang mendukungnya tanpa takut untuk berbuat jujur dan
menghindarkannya dari perilaku yang negatif

6.Ayah/ibu bangga padamu."

Kalimat sederhana ini lah yang membuat mereka tau dan bangga bahwa kamu menghargai semua kerja kerasnya. Walau sepele ucapan ini juga bisa membuatmu semakin percaya dan saling mendukung dengan buah hatimu.

BACA JUGA : Mau Lahiran Anak Ke-2, Persiapkan Ini ya Bun...

Dengan beberapa perkataan sederhana tersebut dapat membuat buah hati menjadi pribadi yang lebih baik, Lakukan beberapa hal diatas bangun kepercayaan dirinya bangun kejujurannya, bangun sikapnya ke arah yang lebih positif. Demikian artikel ini terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Top