Amalan ini Memang Sangat Ringan, Tapi Pahalanya Besar Sekali Hingga Mengalir Sampai Kiamat

Komentar


Manusia dibumi ini diberikan tantangan, uijan dan cobaan. Tidak ada manusia yang masih hidup dan terbebas dari ujian. Dan untuk menghadapi semua hal itu diharapkan manusia tidak lupa kepada sang Pencipta yaitu Allah SWT.

Disampaikan aturan yang namanya agama melalui Rasulullah yaitu Islam yang rahmatan lil alamin. Barang siapa yang mengejar dan menuntut ilmu agama akan Allah beri derajat lebih tinggi daripada manusia lain di sisiNya kelak.

Nah, ada ilmu yang tak banyak diketahui orang, yaitu amalan ringan namun pahalanya begitu besar hingga mengalir sampai kiamat. Apa sajakah itu? Berikut penjelasanya dari palingyunik.blogspot.co.id,

Baca Juga: Kematian Menanti Orang yang Melakukan 20 Gaya Hidup Tidak Sehat ini

1. Shalat Subuh dan Isya Berjamaah

Amalan ringan pertama yang pahalanya terus mengalir adalah melaksanakan shalat subuh dan isya berjamaah. Melaksanakan kedua amalan ini sama seperti melaksanakan shalat setengah malam dan shalat semalam suntuk.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa siapa saja yang melaksanakan shalay isya berjamaah seolah-olah menunaikan shalat setengah malam dan siapa saja yang melaksanakan shalat subuh berjamaah sama seperti orang yang melaksanakan shalat semalam suntuk.

2. Mendoakan Orang Lain

Amalan ringan selanjutnya yang pahalanya terus mengalir hingga kiamat adalah mendoakan orang lain. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa siapa saja yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya sesama muslim, melainkan para malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no.4912)

Oleh sebab itu perbanyaklah mendoakan orang lain dengan taqwa dan hati yang tulus. Namun Allah SWT mengajarkan manusia untuk tidak pernah mendoakan orang lain untuk suatu keburukan, mendoakan orang kafir agar diampuni, serta mendoakan hal-hal yang tidak akan mungkin.

3. Menunggu Shalat Jum’at

Amalan selanjutnya yang pahalanya terus mengalir adalah menunggu shalat Jumat dan bersegera ketika waktunya datang. Menunggu shalat Jumat menghasilkan pahala yang sama besarnya dengan puasa serta shalat malam selama setahun.

Bahkan dalam riwayat dari Ibnu Majah disebutkan bahwa siapapun yang menanti shalat Jumat lalu pergi pada pagi hari ke masjid sambil jalan kaki lalu ketika sampai kemudian duduk di dekat imam untuk mendengarkan khutbah, serta menjaga ketenangan agar khutbah tersampaikan dengan baik, maka akan memperoleh pahala yang besar.

Baca Juga: Kematian Menanti Orang yang Melakukan 20 Gaya Hidup Tidak Sehat ini

4. Berdzikir

Ada sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa berdzikir lebih baik dibandingkan dengan dunia dan isinya. Berdzikir sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Selain itu efeknya sangat dahsyat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Imam Muslim menyebutkan bahwa pujian terhadap Allah di dalam dzikir lebih berharga dibandingkan mendapatkan kekayaan sebanyak apa pun yang ada dibawah matahri.

Oleh sebab itu, jika Anda masih jarang berdzikir karena alasan sibuk, maka ingatlah bahwa Allah SWT selalu memiliki waktu untuk memelihara kita.

Semoga dengan mengetahui hal ini, kita bisa memperbaiki diri dan senantiasa melaksanakannya. Sebab meski hanya amalan ringan, namun pahalanya terus mengalir hingga hari kiamat.
Top